• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PKM-Pengabdian Masyarakat DIKTI 2022 Kesetaraan Gender di Depok” di Sekolah SMP Negeri 13 Depok

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 13 Agustus 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 154

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 sampai Kamis, 11 Agustus 2022 telah berlangsung kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan mengusung tema “Kesetaraan Gender di Sekolah: Intervensi Peningkatan Kesadaran tentang Kekerasan Terhadap Perempuan pada Siswa Remaja SMP di Depok” di SMP Negeri 13 Depok, dengan sasaran kegiatan adalah OSIS. Kegiatan tersebut sebagai wujud pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)-Pengabdian Masyarakat (PM) 2022 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Adapun pelaksana PKM-PM 2022 merupakan Mahasiswa Tim PKM-Pengabdian Masyarakat 2022 yang berasal dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, yaitu Rafael Arfah, Andini Maulani Putri, Nanda Desi Rahma, Adelia Putri Mahardhika, dan Rossa Shafira Nur Sabrina, dengan dibantu beberapa Mahasiswa lain. Kegiatan PKM-PM 2022 ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi, serta menerapkan kesetaraan dan mengurangi kekerasan terhadap gender dengan melibatkan siswa secara langsung dalam berpikir kritis dan refleksi diri.

    PKM1.jpg

Meskipun dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar, kegiatan PKM-PM 2022 ini berjalan dengan lancar dan sukses, dengan diikuti oleh 40 siswa SMP yang antusias dan interaktif. Selama mengikuti kegiatan, siswa diberikan booklet yang berisikan materi singkat kesetaraan gender dan rangkaian kegiatan. Adapun rangkaian kegiatan PKM-PM 2022 ini adalah kegiatan Forum Group Discussion (FGD), bermain peran (role playing), games snake and ladder, dan lomba poster.

     PKM.jpg

Pada Selasa, 9 Agustus 2022, diawali dengan pembukaan kegiatan PKM-PM 2022 yang dipimpin oleh Ketua Tim PKM-PM 2022, yaitu Rafael Arfah, dimulai dengan perkenalan dan penjelasan tujuan kegiatan, serta pembekalan materi kesetaraan gender secara singkat. Dilanjutkan pembagian menjadi 4 kelompok yang kemudian dipimpin oleh Mahasiswa sebagai mentor, dengan melakukan bonding terlebih dahulu untuk membangun keakraban antara siswa dan mentor. Pada kegiatan bonding ini siswa diwajibkan untuk memilih nama kelompok dan membuat yel-yel. Masuk pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh Tim PKM-PM 2022, yaitu Nanda Desi Rahma. Pada kegiatan ini para siswa diberikan 2 kasus yang berhubungan dengan kesetaraan gender, yang harus didiskusikan dari perspektif kesetaraan gender. Hal ini ternyata memancing animo dari para siswa untuk mengeluarkan pendapat mereka terkait kasus yang diberikan. Kegiatan FGD diakhiri dengan para perwakilan kelompok menjelaskan kesimpulan dari diskusi yang mereka lakukan. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan debat dipimpin oleh Tim PKM-PM 2022, yaitu Andini Maulani Putri, dimana siswa akan menjadi tim pro atau tim kontra dan mendebatkan suatu mosi yang telah ditentukan. Pada kegiatan debat ini para siswa bersemangat dalam mengeluarkan argumen yang berkaitan dengan mosi tanpa menyinggung SARA.

 PKM4.jpg

Selanjutnya pada Rabu, 10 Agustus 2022 dilanjutkan kegiatan role playing dan games snake and ladder. Role playing merupakan kegiatan seperti mini drama yang diperankan oleh siswa dengan topik seputar kesetaraan gender. Seperti topik yang dimainkan oleh kelompok 1 mengenai seorang anak perempuan yang tidak diperbolehkan orang tuanya untuk mengambil beasiswa pendidikan dikarenakan anggapan mereka bahwa seorang perempuan tidak sepatutnya untuk menempuh pendidikan tinggi dan hanya boleh melakukan pekerjaan rumah saja. Role playing ini bertujuan agar siswa merasakan secara langsung bagaimana menjadi korban masalah kesetaraan gender dan tidak melakukan perilaku tidak baik tersebut. Setelah itu, Tim PKM-PM mengajak seluruh siswa bermain Snake and Ladder. Permainan ini seperti permainan ular tangga pada umumnya, akan tetapi di dalamnya terdapat beberapa pertanyaan dan tantangan terkait kesetaraan gender. Hal ini dilakukan agar Tim PKM-PM mengetahui seberapa banyak ilmu terkait kesetaraan gender yang telah siswa dapatkan sejak hari pertama.

  PKM2.jpg

Selanjutnya hari terakhir kegiatan PKM-PM 2022 pada Kamis, 11 Agustus 2022 terdiri dari lomba poster dan penutupan. Pada kegiatan lomba poster ini, siswa diwajibkan untuk membuat poster mengenai kesetaraan gender dengan tema yang telah ditentukan Tim PKM-PM, yaitu kesetaraan gender di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pemerintahan. Kegiatan lomba poster ini sebagai wadah siswa untuk menuangkan kreativitasnya dalam mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka terkait masalah kesetaraan gender di kehidupan sehari-hari. Kemudian hasil poster terbaik dipilih menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.

    PKM3.jpg

Seluruh rangkaian kegiatan PKM-PM ditutup dengan pengumuman pemenang kegiatan debat, role playing, snake and ladder, lomba poster, dan kelompok dengan yel-yel terbaik. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim PKM-PM, Pembimbing PKM-PM 2022, yaitu Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM., dan perwakilan SMP Negeri 13 Depok, yaitu Ibu Dewi selaku Pembina OSIS. Pihak sekolah sangat takjub, bersyukur, dan bangga dengan adanya kegiatan PKM-PM 2022 yang mengangkat isu “Kesetaraan Gender”, karena isu tersebut merupakan isu yang sensitif dan jarang dibahas di kalangan siswa SMP, namun mampu dibawakan dengan sangat baik oleh Tim PKM-PM 2022 UPN Veteran Jakarta. Diharapkan setelah diadakannya kegiatan ini, OSIS SMP Negeri 13 Depok dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta keberlanjutan kesetaraan gender. Dengan demikian, program Kesetaraan Gender di Sekolah dapat berkontribusi bagi program pemerintah dalam mengurangi kasus tindak ketidaksetaraan dan kekerasan gender di Indonesia.

Informasi