• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian dan Pembelajaran: Mahasiswa Fisioterapi UPN "Veteran" Jakarta Presentasikan Kasus Langsung di Depan Pasien

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 08 Maret 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 295

FIKES UPNVJ - Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menampilkan inovasi luar biasa dalam proses pembelajaran mereka dengan melakukan presentasi langsung di depan pasien yang sudah mereka assess dan latih. Presentasi kasus ini dilakukan di Persija, sebuah langkah yang tidak hanya memperdalam pemahaman mahasiswa tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi pasien.

WhatsApp_Image_2024-03-07_at_13.36.36.jpeg

Presentasi ini dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, serta tim medis Persija, yang menyaksikan bagaimana para mahasiswa memaparkan evaluasi, diagnosis, dan rencana perawatan untuk pasien yang telah mereka tangani. Langkah ini tidak hanya menuntut pengetahuan dan keterampilan klinis dari mahasiswa, tetapi juga memperkuat kerjasama antara universitas dan lembaga praktik.

Salah satu mahasiswa, Lentera, menyatakan, "Melakukan presentasi di depan pasien adalah pengalaman yang luar biasa. Ini membuka pintu bagi kami untuk melihat dampak langsung dari pekerjaan kami dan memperoleh umpan balik langsung dari pasien itu sendiri."

Dosen Fisioterapi di UPN "Veteran" Jakarta, Andy Sirada, menyoroti pentingnya pengalaman langsung dalam pembelajaran. "Kami percaya bahwa memperkenalkan mahasiswa pada situasi dunia nyata adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan klinis dan komunikasi yang baik. Presentasi di depan pasien membantu mahasiswa kami untuk menjadi lebih percaya diri dan kompeten dalam menghadapi tantangan di lapangan."

Kehadiran Persija sebagai tempat presentasi kasus ini menunjukkan dukungan kuat dari pihak luar terhadap pendidikan dan pengembangan profesional mahasiswa fisioterapi. Hal ini juga membuka pintu bagi kerjasama lebih lanjut antara universitas dan industri olahraga dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kinerja atlet.

Inovasi ini mencerminkan semangat dan komitmen UPN "Veteran" Jakarta dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Diharapkan bahwa langkah-langkah seperti ini akan terus memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan mempersiapkan mereka dengan baik untuk karir mereka di dunia fisioterapi yang menantang.

Informasi