• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pemeriksaan Kesehatan Pada Komunitas Dahlia Senja

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 05 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 197

FIKES UPNVJ - Pemeriksaan kesehatan pada lansia merupakan salah satu kegiatan pemenuhan tugas dari mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Geriatri, Program Studi Fisioterapi Program Sarjana untuk menilai kondisi kesehatan dan bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya pada masyarakat yang sudah lanjut usia. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat resiko jatuh, koordinasi, dan keseimbangan pada Lansia, serta pemberian edukasi tentang pencegahan resiko jatuh. Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan pada hari rabu, 20 Maret 2024 pukul 07.00 – 10.30 WIB, yang bertempat di komunitas lansia Dahlia Senja, Jl. Limo Raya No.197, Limo, Kec Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh 34 lansia Komunitas Dahlia Senja dan dihadiri juga oleh beberapa dosen yaitu Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO, Ibu Rabia, S.Ft., M.Biomed, dan Ibu Risa Kusuma Anggraeni, SST. M,Biomed.

WhatsApp_Image_2024-04-05_at_11.08.47_AM.jpeg

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC dari mahasiswa yaitu Ananda Putri Rifanty dan Sofia Aufa Oktafiani. Dan dilanjutkan oleh sambutan oleh Ibu Ratna Habsari selaku ketua Kominutas Dahlia Senja dan Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Fisioterapi Geriatri. Serta pemberian sertifikat kepada Komunitas Dahlia Senja.

WhatsApp_Image_2024-04-05_at_11.08.42_AM.jpeg

Acara dilanjutkan dengan pemberian edukasi resiko jatuh dan pencegahan resiko jatuh pada lansia oleh mahasiswa yaitu Cornelia Erlinda, Intan Nurayni, Gevira Afifa, Hilda Daffa’, Mirna Sari,  dan Nila Rumiyanti. Kemudian setelah itu, sesi foto bersama. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan oleh Mahasiswa S1 Fisioterapi pada lansia yang terdiri dari pemeriksaan Vital Sign dan GDS, Hand Grip, TUG, dan Resiko Jatuh. Acara berjalan lancar dan semua lansia sudah melakukan seluruh rangkaian kegiatan tersebut. Setelah itu, dilakukan penutupan acara oleh MC dan juga pembagian konsumsi oleh mahasiswa kepada semua lansia yang hadir. Acara ditutup dengan meriah dan berkesan.

WhatsApp_Image_2024-04-05_at_11.08.33_AM.jpeg

Informasi