• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelatihan First Aid Responder (FAR) Kepada Masyarakat Kelurahan Petojo Selatan Dari PK3D Dki Jakarta Dan Mahasiswa Profesi Ners UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 08 Maret 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 249

FIKES UPNVJ - First Aid Responder (FAR) merupakan program dari Pusat Krisis & Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, tim PK3D berkolaborasi dengan Mahasiswa Profesi Ners UPN Veteran Jakarta. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berlangsung pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2024 pukul 08.00 - 14.00 WIB berlokasi di RPTRA Tanah Abang 3, Kelurahan Petojo Selatan.

WhatsApp_Image_2024-03-08_at_06.57.33.jpeg

Selain dihadiri oleh Kasatpel 2 PK3D, tim instruktur PK3D dan 7 orang mahasiswa profesi Ners UPNVJ, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasi Kesra Kecamatan Gambir, Kepala Lurah Petojo Selatan Bapak Rahmat Hidayat, tim BPBD DKI Jakarta dan tim Damkar Jakarta Barat. Pak Anhari selaku Penanggung Jawab Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan membuka acara ini dilanjutkan dengan sambutan sekaligus peresmian pelatihan FAR bantuan hidup dasar dan penanganan luka fraktur oleh Lurah.

WhatsApp_Image_2024-03-08_at_06.54.24.jpeg

Setelah acara ini diresmikan, selanjutnya pemberian materi oleh Mahasiswa Profesi Ners UPN Veteran Jakarta yaitu Bebi Ayu Wulandari, S.Kep memberikan materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Fida Nabilah Auliya, S.Kep memberikan materi luka dan fraktur, yang sebelumnya telah diberikan pembekalan oleh tim satpel 2 PK3D. Materi ini diberikan kepada 30 peserta mengikuti yang telah mengisi pre-test.

WhatsApp_Image_2024-03-08_at_06.54.28.jpeg

Selanjutnya, pemberian pelatihan penanganan awal tersedak dengan teknik back blow, abdominal thrust, chest thrust yang didemonstrasikan oleh Talita Alifa Salsabila, S.Kep dan Talitha Syifa Laili, S.Kep. Tidak hanya itu, pelatihan penanganan awal henti jantung, henti napas dengan teknik Resusitasi Jantung Paru yang disampaikan oleh Salsa Billa Taftahzani, S.Kep dan Dwi Rahmawati, S.Kep dan yang terakhir pemberian pelatihan penanganan perdarahan dan fraktur yang sampaikan oleh Safa Marwah IRPS, S.Kep.

WhatsApp_Image_2024-03-08_at_06.57.49.jpeg

Sebelum kegiatan FAR diakhiri, peserta diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung dan para peserta diwajibkan untuk mengisi post-test sebagai evaluasi pengetahuan, sikap, keterampilan, selain itu juga sebagai syarat mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh PK3D.

Informasi