• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Kesehatan Matra “Mempersiapkan Diri di Akhir Pandemi: “Efektifitas Penggunaan Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) Untuk Penyembuhan UKD”

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 01 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 146

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 25 November 2023 telah berlangsung kegiatan Webinar Nasional Kesehatan Matra (2023) dengan tema “Mempersiapkan Diri di Akhir Pandemi: “Efektifitas Penggunaan Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) Untuk Penyembuhan Ulkus Kaki Diabetik (UKD)”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta yang hadir dalam Webinar Nasional Kesehatan Matra yang dilaksanakan secara online yaitu 337 peserta yang terdiri baik dari mahasiswa D3 Keperawatan UPNVJ dan umum.Tujuan kegiatan Webinar Nasional Kesehatan Matra ini adalah Membangun wawasan masyarakat mengenai Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) dan perkembangan terkini Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB), Mengenalkan masyarakat mengenai Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) dapat mengobati Ulkus Kaki Diabetik (UKD).

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_15.41.10.jpeg

Rangkaian kegiatan terdiri dari 3 sesi yaitu, pemaparan materi 1: “Permasalahan Ulkus Kaki Diabetik Di Indonesia”, pemaparan materi 2: “Konsep Dasar Terapi Oksigen Hiperbarik , pemaparan materi 3 : “ Pemanfaatan Terapi Oksigen Hiperbarik Untuk Penyembuhan Luka Diabetik”.

Acara diawali dengan pengisian registrasi peserta pada link yang sudah diberikan panitia melalui chat zoom meeting. Pertama, acara dibuka oleh Bella Salsabilla Putri selaku MC dari kegiatan Webinar Nasional Kesehatan Matra 2023, lalu pembacaan tata tertib acara dan rundown acara serta pemutaran lagu Indonesia Raya, lagu Mars Bela Negara dan lagu Mars PPNI. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh sambutan dari Ketua Pelaksana acara Webinar Nasional Kesehatan Matra 2023, Sambutan Dosen pengampu Mata Kuliah Keperawatan Matra, dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_15.40.19.jpeg

       

Setelah sambutan, MC Bella Salsabilla Putri memperkenalkan moderator acara Webinar Series Nasional Kesehatan Matra 2023 yaitu Syahidatul Zuhriah, lalu dilanjutkan dengan pembacaan CV oleh moderator dan pemaparan materi pertama oleh Desak Nyoman Sithi, S.Kp., MARS., PhD.  dengan materi 1: “Permasalahan Ulkus Kaki Diabetik di Indonesia”. Sesi selanjutnya yaitu pembacaan CV oleh moderator dan pemaparan materi kedua oleh Mayor Laut (K) Ronny Basirun Simatupang, S.Kep.,Ners.M.Si (Han) dengan materi 2 : “ Konsep Dasar Terapi Oksigen Hiperbarik”.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_15.40.05_(1).jpeg

Setelah selesai pemaparan materi kedua, kemudian dilanjut dengan ice breaking yaitu tebak gambar dan kata untuk merefresh peserta yang dipandu oleh Bella Salsabilla Putri selaku MC. Selanjutnya sesi ketiga, yaitu pembacaan CV oleh moderator dan pemaparan materi ketiga oleh Dr. A.V. Sri Suhardiningsih, S. Kp., M.Kes.FISQua dengan materi 3 : “Pemanfaatan Terapi Oksigen Hiperbarik Untuk Penyembuhan Luka Diabetik” dan sesi tanya jawab. Setelah selesai pemaparan materi dari ketiga narasumber. MC memandu dalam penyerahan sertifikat penghargaan kepada narasumber.

Selanjutnya melangkah pada penutupan acara, MC mengumkan pemenang dari peserta terbaik Webinar Nasional Kesehatan Matra dan Pemenang Ice Breaking lalu, memandu pengisian post-test kepada para peserta dan menginstruksikan untuk foto bersama dan dilanjutkan penutupan dengan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara yang disampaikan oleh MC Bella Salsabilla Putri. (NP)

Informasi