• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Ke JAGATERA.ID

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 01 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 141

FIKES UPNVJ - Pada Senin, 27 November 2023, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (PSKMPS) UPN “Veteran” Jakarta peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling) melakukan kunjungan lapangan ke perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan limbah, yakni Jagatera.ID. Stasiun Pusat Jagatera berlokasi di Bojongsari, Kota Depok. Kunjungan lapangan ini dilakukan dalam rangka pembelajaran Mata Kuliah Pengelolaan Limbah. Sebanyak 30 mahasiswa peminatan Kesehatan Lingkungan berpartisipasi dalam kunjungan lapangan ini, dengan didampingi oleh Ibu Nayla Kamilia Fithri, S.K.M., M.P.H. sebagai Koordinator Mata Kuliah Pengelolaan Limbah, Ibu Dr. Fajaria Nurcandra, S.K.M., M.Epid sebagai dosen pengampu, serta Bapak Arga Buntara, S.K.M., M.P.H. sebagai Koordinator PSKMPS.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_15.47.18.jpeg

Kegiatan dimulai sekitar Pukul 8.30 WIB dengan presentasi dari pihak Jagatera. Dijelaskan bahwa Jagatera menerima hampir segala macam limbah untuk kemudian didaur ulang menjadi barang bernilai. Salah satu inovasi yang paling menarik dari Jagatera adalah JaBRICK. JaBRICK merupakan produk batu bata yang dibuat dari limbah tekstil yang terinspirasi dari inovasi Perancis yang mencetuskan hal yang sama. Dapat dikatakan bahwa Indonesia melalui Jagatera merupakan negara kedua di dunia yang mengolah limbah tekstil menjadi batu bata. Saat in, JaBRICK sedang melalui tahap uji coba laboratorium dan uji ketahanan.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_15.47.05.jpeg

Mahasiswa kemudian mendapatkan penjelasan mengenai teknis kerja pengelolaan limbah plastik, minyak jelantah, botol kaca, styrofoam, dan bahkan kasur. Jagatera juga menjelaskan harga pasaran dari berbagai limbah tersebut dan peningkatan nilai dari produk olahan limbah.

Di akhir, PSKMPS melalui para dosen pengampu dan Koordinator PSKMPS melakukan diskusi dengan pihak Jagatera serta membahas potensi kerja sama yang mendukung aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, PSKMPS berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian Bumi. Diharapkan kerja sama antara kedua pihak dapat segera terjalin dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan hidup. (AB)

Informasi