• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Filedtrip Dalam Rangka Praktik Profesi Kesehatan Matra Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners Ke PB-BNPB

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 18 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 111

FIKES UPNVJ - Rabu, 17 April 2024 sebanyak 71 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Program Profesi Ners Angkatan 2023 melaksanakan program kunjungan belajar (fieldtrip) ke Pusdiklat Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB-BNPB) Sentul, Bogor.

WhatsApp_Image_2024-04-18_at_16.17.20.jpeg

Fieldtrip dilakukan sebagai salah satu rangkaian pembelajaran praktik Kesehatan Matra. Mata Kuliah Kesehatan Matra merupakan kekhususan dari Prodi Pendidikan Profesi Ners FIKES UPN Veteran Jakarta. Dari segi keilmuan, Kesehatan matra merupakan bagian dari mata kuliah Clinical Nursing yang mempelajari berbagai kondisi pada lingkungan yang berubah dan kondisi ekstrem lainnya. Berfokus pada Matra Lapangan (kebencanaan) program fieldtrip ini dilakukan untuk memberikan gambaran nyata peran dari organisasi penanggulangan bencana nasional dalam melaksanakan perannya dalam manajemen bencana di Indonesia.

WhatsApp_Image_2024-04-18_at_16.16.55.jpeg

Turut mendampingi mahasiswa dalam kunjungan belajar ini, yaitu, Ibu Ns. Cut Sarida Pompey, S.Kep.,M.N.S (Ketua Jurusan Prodi Pendidikan Profesi Ners), Ibu Ns. Lina Berliana Togatorop, S.Kep.,M.Kep. (Sekretaris Prodi Pendidikan Profesi Ners), dan Bapak Ns. Rycco Darmareja, S.Kep.,M.Kep. (Dosen Koordinator Praktik Profesi Kesehatan Matra tahun 2024).

WhatsApp_Image_2024-04-18_at_16.16.45.jpeg

Selama kegiatan berlangsung, Tim FIKES UPN Veteran Jakarta Mendapatkan Sambutan hangat dari para Widyaiswara PB-BNPB di Ruang Auditorium untuk mengikuti rangkaian kegiatan. Kegiatan diawali dengan Sesi Penjelasan Safety Brifing Aula dan Simulasi Evakuasi Gempa Bumi oleh Ibu Neri Egi Rusmana, M.Pd. (Widyaiswara Ahli Pertama), dilanjutkan dengan Sesi sambutan-sambutan, Pemberian Materi oleh Bapak dr. Bagus Tjahjono, M.P.H (Widyaiswara Ahli Utama) terkait konsep dasar, manajemen risiko, penanggulangan serta pengorganisasian bencana di Indonesia yang dikelola oleh BNPB dan implikasinya terhadap profesi Kesehatan khususnya tenaga perawat.

Agenda dilanjutkan dengan sesi tour area dan beberapa sarana-prasarana di PB-BNPB di mana mahasiswa dapat mengenal beberapa alat yang digunakan selama melaksanakan manajemen bencana meliputi alat evakuasi, beberapa diorama, miniatur rumah sakit lapangan, rumah simulasi gempa, serta penjelasan mengenai beberapa alat medis terkait pertolongan lapangan. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti program dibuktikan dengan tingginya rasa ingin tahu mengenai proses dan penggunaan alat yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi diskusi dan tur area.

Hasil akhir dari kegiatan ini, tentu diharapkan dapat memberikan manfaat positif untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners khususnya sebagai bekal penting selama menyusun perencanaan praktik Simulasi Bencana terpadu yang akan dilaksanakan pada pekan kedua praktik profesi ners di lingkungan FIKES UPN Veteran Jakarta.

Informasi