• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pemantapan Materi Sebagai Rangkaian Persiapan Simulasi Bencana Oleh Praktisi Pakar PK3D DKI Jakarta Kepada Praktikan Kesehatan Matra 2024

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 22 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 53

FIKES UPNVJ - Sabtu, 20 April 2024, Program kegiatan simulasi bencana di lingkungan FIKES UPN “Veteran” Jakarta merupakan salah satu aktivitas perkuliahan unggulan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan simulasi bencana yang dilaksanakan di lingkungan FIKES UPN “Veteran” Jakarta, maka perlu dilaksanakan sebuah persiapan yang matang, salah satunya dengan diselenggarakannya pemantapan materi dari praktisi pakar.

WhatsApp_Image_2024-04-22_at_08.36.02.jpeg

Pemantapan materi praktisi pakar tahun 2024, FIKES UPN “Veteran” Jakarta bekerja sama dengan Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) DKI Jakarta. Tema yang diusung dalam kegiatan pemantapan materi ini adalah “Manajemen Krisis Dan Kegawatdaruratan Kesehatan Dalam Situasi Bencana”. Adapun Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah bapak Ns. Ade Asep Saefudin, S.Kep (Perawat Ahli Pertama) dengan materi manajemen krisis kesehatan dan bapak Ns. Muji Artono, S.Kep, SKM (Penanggung Jawab Profesi Sumber Daya) yang memberikan materi mengenai tugas, peran dan fungsi PK3D dalam kondisi krisis dan kegawatdaruratan kesehatan.

WhatsApp_Image_2024-04-22_at_08.36.03.jpeg

Kegiatan pemantapan diberikan kepada para praktikan pada mata kuliah Inter Professional Collaboration (IPC) Kesehatan Matra dalam penyelenggaraan simulasi bencana tahun 2024 yang berasal dari lima program studi di FIKES UPN “”Veteran” Jakarta. Prodi tersebut yaitu Prodi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi, Prodi Keperawatan Program Sarjana dan Diploma Tiga, Prodi Gizi Program Sarjana dan Prodi Fisioterapi Program Diploma III. Turut hadir untuk mendukung kegiatan dan menjadi partisipan dalam kegiatan pemantapan materi praktisi pakar yaitu para perawat pelaksana PK3D DKI Jakarta serta dosen ampu mata kuliah kesehatan matra.

Rangkaian acara berjalan dengan tertib dan lancar, kegiatan di awali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dan simbolis pembukaan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (Ns. Fiora Ladesvita, S.Kep.M.Kep.,Sp.Kep.KMB). Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari kedua narasumber dan sesi diskusi yang di pandu oleh moderator, dan di tutup kembali oleh MC.

Hasil akhir dari kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat positif untuk mahasiswa praktikan simulasi bencana khususnya sebagai bekal penting selama mempersiapkan Simulasi Bencana terpadu yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 April 2024 di lingkungan FIKES UPN Veteran Jakarta. (R.D.-20/04/2024).

Informasi