• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pentahelix Sigap Sehati II di MTS Nurul Falah Areman

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 01 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 475

FIKES UPNVJ - Kegiatan Pentahelix Sigap Sehati II telah dilaksanakan pada Rabu, 22 November 2023 pukul 09.00–12.00 WIB di MTs Nurul Falah Areman, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.  Kegiatan ini diinisiasi oleh FIKES UPN Veteran Jakarta pada tahun 2022 dengan melibatkan lima unsur meliputi pemerintah, akademisi, media, komunitas dan pengusaha.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_16.10.01.jpeg

Adapun rangkaian kegiatan terdiri dari pembukaan yang dilaksanakan di ruangan yang terpisah dari tempat kegiatan penyuluhan dan dipandu oleh Ismaya Ramadhanti selaku MC dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Agustiyawan, selaku Wakil Dekan 3, serta Bapak Alfu Satfi, S.Ag selaku kepala sekolah MTs Nurul Falah Areman. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Bapak Shofari selaku perwakilan dari MTs Nurul Falah Areman, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, penyerahan plakat dan quaker oat secara simbolis. Kemudian tim melakukan edukasi terkait anemia kepada 55 orang siswa/siswi yang telah berada di dua ruangan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_16.09.12.jpeg

Kedua ruangan diawali dengan pengisian pretest, pemaparan materi edukasi terkait anemia dan sesi tanya jawab bersama Dr. Chandrayani Simanjorang, M.Epid. (ruangan perempuan) dan Bapak Andy Sirada, S.S.T, M.Fis (ruangan laki-laki). Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian post-test serta pemberian doorprize untuk penanya terbaik. Screening kesehatan juga dilakukan terhadap siswa/siswi kelas 7 yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, tekanan darah, kesehatan mata, gigi, dan telinga, perilaku berisiko, serta pemeriksaan kadar hemoglobin yang dikhususkan untuk siswa perempuan. Kegiatan diakhiri dengan penutupan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ibu Desmawati, SKP, MKep, Sp.Mat, PhD. Selain tim dari FIKES UPNVJ, kegiatan Pentahelix Sigap Sehati II di MTs Nurul Falah turut dibantu oleh Fadiyah Qistina Hidayat, SKM sebagai perwakilan staf Puskesmas Tugu dan 6 orang mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang berasal dari berbagai daerah.

Informasi