• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIKES UPN Veteran Jakarta Pentahelix Sigap Sehati 2 di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 711

FIKES UPNVJ - Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPN VJ) bersama dengan Mahasiswa/i UPN VJ serta mahasiswa dari program Kampus Merdeka yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM 3) dari berbagai daerah menyelenggarakan kegiatan "Pentahelix Sigap Sehati II" di SMA Islam Terpadu Raflesia Depok hari Rabu (22/11/23).

WhatsApp_Image_2023-12-04_at_07.33.31.jpeg

Pentahelix Sigap Sehati II merupakan kelanjutan dari program Pentahelix Sigap Sehati I yang diinisiasi oleh FIKES UPN Veteran Jakarta tahun 2022 dengan melibatkan lima unsur meliputi pemerintah, akademisi, media, komunitas dan pengusaha. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pemberdayaan terintegrasi di bidang kesehatan yang melibatkan berbagai profesi kesehatan.

Dalam kesempatan kali ini, kegiatan yang dilakukan dalam rangka Pentahelix adalah berupa edukasi dan skrining kesehatan yang dihadiri oleh 119 siswa dari 4 kelas yaitu Kelas 10 IPA 1 dan 2 serta Kelas 10 IPS 1 dan 2 dengan narasumber Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Ibu Ns. Fiora Ladesvita, S.Kep., M.Kep, Sp.Kep.M serta dosen FIKES UPN VJ yaitu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes, Dr. Lusyta Puri Ardhiyanti, SSt, M.Kes, Ns Lina Berliana,S.Kep, MKep, Ns. Dwi Suratmini, S.Kep, M.Kep dan Bapak Ikhsan M Amar, S.Gz, M.Kes.

WhatsApp_Image_2023-12-04_at_07.33.11.jpeg

Acara ini dimulai dari pukul 09.00-13.00 WIB, yang diisi serangkaian kegiatan yaitu sambutan dari dosen FIKES UPN VJ dan pihak sekolah, dilanjutkan dengan pre-test lalu pemberian materi mengenai anemia, tanya jawab, post-test, kemudian pembagian hadiah bagi siswa/siswi yang aktif selama kegiatan berlangsung, skrining kesehatan pada siswa serta ditutup dengan foto bersama. Skrining kesehatan meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, tekanan darah, kesehatan mata, gigi, dan telinga, perilaku berisiko, serta pemeriksaan kadar hemoglobin yang dikhususkan untuk siswa perempuan. Acara ini mendapatkan sambutan antusias dari para siswa karena sangat bermanfaat bagi mereka.

Dekan FIKES UPN VJ, Ibu Desmawati, Skep, MKep, Sp.Mat, PhD menjelaskan bahwa kegiatan dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama 2 tahun ini diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kota Depok.

Informasi