• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat "Makanan Bergizi Menunjang Kesehatan Lanjut Usia" bersama Sekolah Lansia Dahlia Senja Limo

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 25 September 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 524

FIKES UPNVJ Depok, 20 September 2023, Kegiatan Pengabdian Masyarakat diselenggarakan bersama Sekolah Lansia Dahlia Senja Limo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran dan pengetahuan kepada lansia aktif di Sekolah Lansia Dahli Senja Limo. Sebanyak lebih dari 40 orang lansia mengikuti kegiatan ini.

WhatsApp_Image_2023-09-25_at_07.03.53.jpeg

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Iin Fatmawati, S.Gz, MPH selaku dosen Program Studi Gizi Program Sarjana, bersama 3 orang mahasiswa. Materi yang diberikan adalah mengenai "Makanan Bergizi Menunjang Kesehatan Lanjut Usia". Para lansia dijelaskan mengenai gizi seimbang dan juga isi piringku yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Selain itu juga dijelaskan mengenai cara mengatur menu makanan lansia dan membaca informasi nilai gizi pada label kemasan pangan.

WhatsApp_Image_2023-09-25_at_07.04.04.jpeg

Sebelum penyampaian materi terlebih dahulu dilakukan pengisian pre tes untuk mengetahui pengetahuan lansia mengenai gizi seimbang dan kebutuhan makan untuk lansia.  Setelah itu dilaksanakan pemberian materi yang berlangsung kurang lebih 45 menit beserta tanya jawab dan diskusi mengenai menu sehat lansia. Setelah selesai pemberian materi, kembali dilakukan pengisian pos tes untuk melihat apakah lansia yang mengikuti kegiatan sudah memahami dan bisa memberikan conto menu sehat untuk lansia. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama lansia, tentunya dengan menerapkan pola makan simbang sesuai isi piringku.

Informasi