• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat "Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah dalam Upaya Menjaga Kesehatan Lingkungan" bersama dengan Sekolah Lansia Dahlia Senja

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 25 September 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 327

FIKES UPNVJ - Pengabdian Masyarakat yang diikuti oleh lansia yang tergabung dalam Sekolah Lansia Dahlia Senja yang bertempat di Posyandu Dahlia Senja, Limo, Kota Depok. Pelaksanaan kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 dengan tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan praktik langsung dalam pemanfaatan limbah minyak jelantah dalam upaya menjaga kesehatan lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2023.

WhatsApp_Image_2023-09-25_at_11.12.30.jpeg

Rangkaian acara dimulai pada pukul 09.00WIB yang diawali dengan penampilan angklung dari komunitas Lansia Dahlia Senja yang dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala sekolah Posbindu Dahlia Senja serta dilanjutkan dengan  sesi foto bersama.

WhatsApp_Image_2023-09-25_at_11.12.34.jpeg

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah sesi pemaparan materi mengenai Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun dan Lilin Aromaterapi yang disampaikan oleh Ibu Nayla Kamilia Fithri SKM., MPH selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta  melalui metode ceramah dan demonstrasi langsung kepada para anggota komunitas Dahlia Senja mengenai pembuatan lilin aromaterapi dan sabun dari minyak jelantah. Bersama dengan fasilitator dari mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, yaitu Anggrahita, Ismaya dan Rayhan mempraktikakkan secara langsung bagaimana mengolah minyak jelantah menjadi sesuatu yang bisa bernilai ekonomi, yaitu lilin aromaterapi dan sabun. 

WhatsApp_Image_2023-09-25_at_11.12.24.jpeg

Sesi pemaparan materi dan demonstrasi berlangsung diselingi dengan sesi tanya jawab dari para anggota komunitas Dahlia Senja. Berakhirnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditandai dengan telah tersampaikannya materi dan berakhirnya proses demonstrasi langsung yang dilakukan oleh Ibu Nayla Kamilia Fithri SKM., MPH.

Informasi