• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Promosi Kesehatan di Sekolah MA Miftahul Umam dengan tema Stress dan Depresi Pada Remaja

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 24 September 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 176

Fakultas Ilmu Kesehatan - Pada Hari Jum'at tanggal 20 September 2019 Program Studi Kesehatan Masyarakat Dosen dan Mahasiswa melakukan Promosi Kesehatan Sekolah yang dilaksanakan di MA Miftahul Umam, Jakarta Selatan. Mahasiswa yang terdiri dari beberapa Kelompok yaitu Kelompok 1 Promkes Sekolah dari kelas 3A program studi Kesehatan Masyarakat dan Ibu Yuri Nurdiantami serta Ibu Dyah Utari dengan sasaran seluruh siswa dari MA Miftahul Umam. Tema yang dipilih adalah “Kesehatan Mental” dengan sub pokok pembahasan menanggulangi stress dan depresi pada remaja, remaja Indonesia bijak ber-medsos dan penanggulangan kecanduan pornografi pada remaja.

yuri.jpg

Para siswa di MA tersebut menerimanya dengan sangat antusias, dan tidak sedikit dari mereka yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok dan tak sedikit pula yang mengajukan pertanyaan mengenai apa yang menurut para siswa kurang jelas. Selain itu pihak sekolah juga sangat mengapresiasi penyuluhan yang dilakukan karena tema “Kesehatan Mental” yang berani dipilih oleh kelompok menjadi yang pertama dan masih satu-satunya yang pernah dibahas di sekolah tersebut.

yuri1.jpg

Kelompok memiliki target 70% sasaran dapat memahami apa yang telah kelompok jelaskan, seperti perbedaan stress dan depresi, faktor penyebab ternjadinya stress dan depresi, dan yang terakhir adalah tentang bagaimana cara mengendalikan diri ketika timbul stress dan depresi. Untuk mengetahui apakah target kelompok tercapai atau tidak, kelompok menggunakan (media) angket untuk diisi oleh para siswa. Parameter yang menjadi penilaian dari angket tersebut ialah paham dan tidak paham. Siswa dikatakan paham apabila dapat menyebutkan perbedaan stress dan depresi itu terdapat dalam jangka waktunya, dan untuk faktor yang mempengaruhi timbulnya adalah pola faktor orang tua dan bullying, dan cara mengendalikannya adalah dengan melakukan kegiatan hal positif. 

yuri2.jpg

Dari angket yang telah dibagikan oleh kelompok untuk diisi oleh siswa. Maka didapatkan hasil bahwa siswa di MA Miftahul Umam telah mencapai target sasaran yaitu sebesar 82,5% dari 70% target yang sudah ditentukan. (Putri SR)

yuri3.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f