• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Keperawatan Kritis Kelas B “Cegah Tahap Komplikasi Bersama SAPA (Sahabat jAntung PAru)”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 02 Oktober 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 297

FIKES UPNVJ - Dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Keperawatan Kritis dan demi menjalankan tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah Keperawatan Kritis Kelas B mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Cegah Tahap Komplikasi Bersama SAPA (Sahabat jAntung PAru)”.

Pada tanggal 23 September 2023 telah terlaksana pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok 3 Kelas B Angkatan 2020 berupa penyuluhan tentang Edukasi Pencegahan Penyakit Paru Lanjutan kepada warga RT 003 RW 005 Kel. Limo Kec. Limo Kota Depok Jawa Barat dengan dosen pembimbing Ns. Gamya Tri Utami, S. Kep., M. Kep (Kepala Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan).

WhatsApp_Image_2023-10-02_at_14.40.51.jpeg

Kegiatan dipersiapkan sejak awal bulan September dengan persiapan media yaitu powerpoint, video edukasi, lembar skrining, kuesioner dan semua dokumen lainnya. Kegiatan diawali dengan registrasi peserta dan pengukuran tanda-tanda vital (TD, RR, SH, ND) pada peserta. Kemudian kegiatan dibuka oleh MC dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Bela Negara, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana pengabdian masyarakat, Zahra Andieni Prameswari, Dosen Pembimbing, Ns. Gamya Tri Utami, S. Kep., M. Kep dan sambutan dari Ketua RT 003. Kemudian acara secara resmi dibuka dengan penyerahan plakat dan sertifikat dari mahasiswa kepada pihak RT 003 RW 005 yang diwakili oleh Ketua RT 003 RW 005.

WhatsApp_Image_2023-10-02_at_14.41.00.jpeg

Setelah dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian skrining dan kuesioner pretest oleh peserta, pemaparan materi Cegah Penyakit Paru dengan TERAPEUTIK (Terapi Inhalasi, Fisioterapi Dada, dan Batuk Efektif) oleh mahasiswa, yaitu Nadia Shahidda dan Eunike Christina Natalia. Lalu mahasiswa menampilkan video edukasi untuk penanganan awal dalam mengatasi tanda dan gejala dari penyakit paru dengan teknik Terapi Inhalasi, Fisioterapi Dada, dan Batuk Efektif.

WhatsApp_Image_2023-10-02_at_14.41.32.jpeg

Setelah menonton video edukasi, peserta diarahkan untuk menyimak secara langsung demonstrasi teknik Terapi Inhalasi, Fisioterapi Dada, dan Batuk Efektif yang diperagakan oleh Putri Rahayu dan Pramesti Dwi Suciantie. Salah satu peserta melakukan peragakan ulang fisioterapi dada dan inhalasi sederhana.

Kegiatan selanjutnya adalah games berhadiah berupa Quiz yang dimenangkan oleh dua orang peserta dengan mekanisme yaitu MC memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan oleh pemateri.

WhatsApp_Image_2023-10-02_at_14.42.02.jpeg

Sebelum mengakhiri kegiatan diadakan sesi tanya jawab dan pengisian kuesioner posttest oleh peserta dan didampingi oleh mahasiswa sebagai fasilitator. Untuk mengakhiri kegiatan, seluruh peserta dan panitia dari mahasiswa berfoto bersama untuk mendokumentasikan kegiatan pengabdian masyarakat.

Informasi