• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Based Learning Pada Mata Kuliah Fisioterapi Komunitas Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 484

FIKES UPNVJ – Telah terselenggara kegiatan diseminasi sebagai bentuk dari Project Based Learning pada Mata Kuliah Fisioterapi Komunitas pada Mahasiswa Semester 4 (Empat) Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Mata kuliah tersebut diampu oleh tiga dosen fisioterapi yaitu Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc, AIFO, Ibu Condrowati, S.Fis, M.Sc, dan Bapak Andy Sirada, SST.FT, M.Fis, AIFO. Kegiatan diseminasi Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga terdiri dari 14 kelompok yang jumlahnya berasal dari tujuh kelompok kelas A dan tujuh kelompok kelas B.

WhatsApp_Image_2022-06-07_at_13.54.56.jpeg

Kegiatan Project Based Learning pada mata kuliah Fisioterapi Komunitas tersebut dilaksanakan secara luring pada beberapa tempat di daerah Jabodetabek seperti Sekolah Dasar Negeri Kebon Pala 01 Pagi, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Khair, Panti Jompo Yayasan Usaha Mulia Jaya, SDN Limo 01, Panti Werda Yayasan Hajjah Hasmah Noor, IKHABAMAS, Sektor Penjahit, SMP Negeri 20 Depok, Club Persitangsel, SDN Limo 02, RW 03 Kelurahan Limo, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Jakarta. Masing-masing tempat tujuan dilaksanakannya Project Based Learning Fisioterapi Komunitas memiliki bahasan yang berbeda sesuai dengan target komunitas yang dituju. Tempat yang dituju terangkum menjadi beberapa bagian yakni pada kelompok anak-anak, remaja, usia produktif, dewasa, dan juga lansia. Pada komunitas yang ditujukan kepada anak-anak hingga remaja membahas tentang deteksi postur, deteksi dini terkait keseimbangan tubuh siswa, edukasi terkait keseleo, edukasi bahaya gadget, dan lain sebagainya. Sedangkan pada komunitas yang ditujukan kepada orang dewasa hingga lansia membahas tentang edukasi terkait latihan fisik untuk mengurangi rasa nyeri lutut maupun terkait pola hidup sehat untuk lansia.

WhatsApp_Image_2022-06-07_at_13.54.48.jpeg

Project Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student-Centered). Metode pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pasa mahasiswa untuk memperdalam pengetahuannya sekaligus mengembangkan kemampuan melalui kegiatan problem solving dan investigasi. Mahasiswa diberi tugas mulai dari merencanakan, menyusun, dan menyelenggarakan program fisioterapi komunitas kepada masyarakat. Hasil kegiatan yang sudah dilakukan kemudian dipresentasikan dan akan dipublikasikan melalui karya HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Informasi