• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PJBL Komunikasi Kesehatan Pencegahan Pergaulan Bebas dan Toxic Relationship

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 21 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 252

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa 13 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan edukasi dengan tema Pencegahan Pergaulan Bebas dan Toxic Relationship yang merupakan Project Based Learning (PJBL) Mata Kuliah Komunikasi Kesehatan Inter Professional Education (IPE) kelas 69 di bawah bimbingan Ibu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes yang dibagi menjadi 4 kelompok dan tersebar di 4 kelas di SMAN 6 Depok dari tiga jurusan IPA dan satu jurusan IPS.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.27.37.jpeg

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 10.00 WIB yang dimulai dengan Pembukaan dari MC dan dosen pengampu, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan. Lalu setelah perkenalan, peserta mengisi pre test. Selesai mengerjakan pretest MC melakukan komunikasi 2 arah kepada peserta untuk memasuki materi dengan cara brainstorming mengenai tema yang dibawakan, setiap peserta yang menjawab akan diberi reward. Peserta berperan aktif dalam brainstorming.

Selanjutnya masuk ke materi yang pertama yaitu “Pencegahan Pergaulan Bebas” yang disampaikan oleh anggota kelompok melalui media PPT yang dibuat semenarik mungkin agar mudah dipahami oleh peserta. Kondisi ruangan kondusif, seluruh peserta memperhatikan pemateri dengan baik.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.27.32.jpeg

Setelah materi pertama disampaikan acara kembali diambil alih oleh MC untuk bridging memasuki materi kedua dengan cara mengulas sedikit materi sebelumnya dan memberikan gambaran terkait materi yang akan disampaikan berikutnya mengenai “Toxic Relationship”. Memasuki materi berikutnya mengenai “Toxic Relationship” pemateri kembali menyampaikan materinya dengan media PPT. Pada materi kali ini peserta tetap kondusif dalam memperhatikan materi.

Setelah pemaparan materi ke 2 memasuki sesi tanya jawab. Pada sesi ini MC mengambil alih acara dan mempersilahkan peserta yang memiliki pertanyaan untuk bertanya kepada pemateri. 3 Peserta bertanya dalam sesi ini serta 2  yang memberikan opini serta sharing pengalaman pribadinya terkait tema yang dibawakan oleh kelompok. Pada sesi ini kelompok melakukan penilaian kepada peserta yang aktif.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.27.55.jpeg

Sesi tanya jawab ditutup dengan kesimpulan materi “Pencegahan Pergaulan Bebas dan Toxic Relationship” lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan post test atau test dengan tujuan mengukur seberapa mengerti peserta terhadap materi yang telah disampaikan oleh kelompok. Peserta kondusif dan mengerjakan masing masing menggunakan media ponsel, post test dilakukan menggunakan G-Form.

Di penghujung acara kelompok memberikan satu sesi berupa pemberian hadiah kepada peserta terpilih dengan kategori:

  • peserta dengan nilai post test tertinggi
  • peserta dengan nilai pre test tertinggi
  • peserta teraktif
  • peserta dengan pertanyaan terbaik

Kelompok memberi hadiah berupa makanan. Kemudian sesi ini diakhiri dengan dokumentasi oleh seksi dokumentasi.

Informasi