• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PJBL Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat: Stop tak Berdaya, Lawan Anemia dengan Tablet Tambah Darah

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 21 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 154

FIKES UPNVJ - Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional ke 59 yang jatuh pada 12 November 2023, sebanyak 41 mahasiswa program studi kesehatan masyarakat program sarjana semester 3 Kelas B melakukan edukasi “Stop tak berdaya, lawan anemia dengan tablet tambah darah” di Car Free Day Southcity. Anemia adalah suatu keadaan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal yang berbeda menurut kelompok umur, jenis kelamin dan kondisi fisiologis atau kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tubuh tidak mendapat cukup oksigen. Anemia merupakan salah satu penyakit dengan prevalensi penderita yang terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data Riskesdas tahun 2013 dan 2018 bahwa terdapat kenaikan prevalensi anemia di Indonesia yaitu sebesar 18,4% menjadi 32%. Salah satu permasalahan anemia adalah sebagian besar penderitanya tidak menyadari jika dirinya menderita anemia.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.18.50.jpeg

Oleh karena itu, untuk memperingati hari Kesehatan Nasional, sebagai bentuk penerapan project based learning mata kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat dengan bimbingan ibu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes., melakukan edukasi di Car Free Day di Southcity dengan tujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi tablet tambah darah untuk menurunkan risiko anemia pada masyarakat.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.18.55.jpeg

Setiap mahasiswa membawa satu poster yang digunakan sebagai media edukasi untuk alat bantu dalam penyampaian informasi kepada masyarakat dan setiap mahasiswa juga memberikan tablet tambah darah kepada masyarakat sebagai salah satu contoh pencegahan agar terhindar dari penyakit anemia. Selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit anemia yang nantinya sebagai salah satu bentuk tindakan preventif terhadap penyakit anemia, kegiatan ini juga bermanfaat bagi para mahasiswa yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman baru di lapangan dan juga dapat mengimplementasikan pengetahuan yang sudah dipelajari dalam mata kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat.

Informasi