• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PBL 2 Mengangkat tema tentang “HARUM” (Hijaukan Rumah)

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 24 Maret 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 837

FIKES UPN VJ - Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat telah melaksanakan Program Intervensi dengan mengangkat permasalahan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) berjudul “HARUM” (Hijaukan Rumah) merupakan salah satu output dari mata kuliah Pengalaman Belajar Lapangan II S1 Kesehatan Masyarakat semester 6. Kegiatan dilakukan pada Tanggal 2 Februari 2020 di Masjid As-shobariyah Citayam Depok kegiatan ini merupakan program lanjutan dari kegiatan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara Sheila Rizkia Anjari dan Evelyn Octa Triana. 

Latar belakang mengangkat masalah ISPA adalah permasalahan tersebut memiliki angka kasus tertinggi di wilayah RW 11 dan RW 12 berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan pada PBL pertama.

pbl28.jpg

Pelaksanaan Pre-Test sebagai parameter keberhasilan program secara kuantitatif , Setelah Pre-Test dilanjutkan dengan materi penyuluhan yang bertemakan ISPA dan Isu Penyakit Corona oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd, MKM.

pbl210.jpg

Selanjutnya  pelaksanaan  Post-Test  sebagai parameter keberhasilan program secara kuantitatif

Acara dilanjutkan dengan  pemberian  materi yang berkaitan dengan pembuatan tanaman hidroponik dengan media air yang dibawakan oleh Nadia Ramadhanty dan Radlia Puji Anggraini, Kemudian dilakukan praktik pembuatan tanaman hidroponik bersama dengan masyarakat sekitar.

pbl29.jpg

Selain penyuluhan dan praktik pembuatan tanama hidroponik diselenggarakan pula cek kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit degeneratif yang menjadi salah satu masalah kesehatan di wilayah RW 11 dan RW 12

Informasi