• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Profesi Ners "Journal Reading Di Ruang Hemodialisa RSUD Tarakan Jakarta Praktik Klinik Keperawatan Elektif"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 19 Maret 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 115

FIKES UPNVJ – Pada hari Jumat, 15 Maret 2024 telah berlangsung kegiatan Journal Reading yang dilaksanakan di ruang Hemodialisa RSUD Tarakan Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan perawat-perawat yang berdinas di ruang hemodialisa mengenai intervensi atau tindakan keperawatan berbasis bukti (Evidance Based Nursing) dari penelitian-penelitian terbaru yang dapat dilakukan kepada pasien yang mengalami keluhan saat menjalani proses Hemodialisa. Kegiatan journal reading dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas praktik klinik Keperawatan Elektif Mahasiswa Profesi Ners Angkatan 2023 Kelas B.

WhatsApp_Image_2024-03-19_at_06.53.57.jpeg

 Kegiatan Journal Reading ini dihadiri oleh Ibu Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep., Sp.Kep.MB selaku Dosen Pembimbing Praktik Keperawatan Elektif, Ibu Merlyna H, S.Kep, Ners selaku Kepala Ruangan Hemodialisa, Perawat tim pagi Kak Sri Sulis, S.Kep, Ners, Kak Galuh Adi Wibowo, AMK, Kak Jimmi Marthen, S.Kep, Ners, Kak Nelin Nurohmah, S.Kep, Ners, Kak Yuli Karlina, S.Kep, Ners, Kak Budi Utomo, S.Kep, Ners, Kak Hadi Purnomo, Amd.Kep yang ikut serta hadir secara langsung.

Kegiatan Journal Reading dimulai pada pukul 10.00 WIB. Journal reading yang pertama dipaparkan oleh kelompok 2 yaitu Mira Putri Salsabila (2310721045) dan Nida Mujahidah (2310721059) dengan judul artikel jurnal ”Ankle Pumpling Exercise and Leg Elevation in 30O Has The Same Level of Effectiveness to Reducing Foot Edema at Chronic Renal Failure Patient In Mojokerto” dan artikel kedua “Pengaruh Kombinasi Ankle Pump Exercise dan Elevasi Kaki 30O Terhadap Edema Kaki Pada Pasien CKD”. Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh kelompok 1 yaitu Zhafirah Zhafarina (2310721005), Diya Alvionita (2310721006) dan Yeni Widyani (2310721062) dengan judul artikel jurnal “Effect of Warm Water Foot Bath on Post Dialysis Fatigue in Patient on Maintenance Hemodialysis : A Quasi-Experimental Study”. Setelah 2 kelompok selesai memaparkan hasil Journal Reading, dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dan diskusi bersama antara mahasiswa, dosen pembimbing dan perawat-perawat ruang Hemodialisa, terakhir ditutup dengan foto bersama.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Journal Reading ini perawat-perawat diruang Hemodialisa dapat mengetahui dan mampu menerapkan intervensi atau tindakan keperawatan berbasis bukti (Evidance Based Nursing) untuk membantu mengatasi keluhan-keluhan pasien dengan penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa baik saat proses pre dialisis, intra dialisis maupun post dialysis untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup pasien.

Informasi