• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PjBL Kesehatan Matra 2023 Semester 5 "Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Pembidaian untuk Operasi Lapangan Militer di Rindam Jaya"

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 202

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 4 November 2023 telah berlangsung kegiatan “Project Turun Lapangan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Pembidaian”. Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan (Semester 5) dan Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Semester 5) yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Program Sarjana angkatan 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Siswa Sekolah Calon Bintara Resimen Induk Kodam Jayakarta di Jl Condet Raya Kampung Gedong No.55, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.24.06.jpeg

Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.00-10.30 WIB di Aula Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Resimen Induk Kodam Jayakarta di Jl Condet Raya Kampung Gedong, No.55, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan dampingan dosen pembimbing kami yaitu Ns. Santi Herlina, M.Kep.,Sp.Kep.MB. Tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada keadaan gawat darurat dengan memberikan pelatihan mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan cara Resusitasi Jantung Paru (RJP) serta mengajarkan bagaimana cara melakukan Pembidaian kepada Siswa Calon Bintara Resimen Induk Kodam Jayakarta.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.18.18.jpeg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta dan pembukaan oleh MC. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian sambutan. Sambutan disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Pihak Rindam Jaya, dan Dosen Pembimbing Project Turun Lapangan. Dilanjutkan dengan pengisian Pre Test dan masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi pertama mengenai Bantuan Hidup Dasar.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.19.02.jpeg

Setelah sesi pemaparan materi pertama mengenai Bantuan Hidup Dasar oleh Mahasiswa, para audiens diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan saat sesi tanya jawab. Selanjutnya dilanjut dengan sesi Ice Breaking untuk mencairkan suasana. Setelah sesi Ice Breaking, acara dilanjut dengan pemaparan materi ke 2 yaitu mengenai Pembidaian, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk materi pembidaian.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.19.46.jpeg

Acara lalu dilanjutkan dengan sesi simulasi Bantuan Hidup Dasar dan Pembidaian. Mahasiswa akan mempraktekkan tata cara melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Pembidaian, setelah itu para Siswa Calon Bintara akan mencobanya satu persatu. Para Siswa Sekolah Calon Bintara dibagi menjadi 6 Kelompok lalu dibagi menjadi 2 kubu. Kubu pertama melakukan simulasi BHD dan kubu ke 2 melakukan simulasi pembidaian. Setelah 25 menit, kedua kubu tersebut bertukar untuk mencoba simulasi yang belum mereka coba.

Setelah sesi simulasi selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan oleh para peserta, pembagian hadiah untuk penanya terbaik, penyerahan plakat, pengisian post test, dan ditutup oleh MC. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (SEL)

Informasi