• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Edukasi Kesehatan Matra Bidang Kesehatan Festival atau Pentas Seni H2O : Healthy, Hydrated, And Optimal Safety (During School Festival) di SMAN 5 Depok

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 205

FIKES UPNVJ - Kesehatan matra merupakan upaya kesehatan dalam bentuk khusus yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang serba berubah. Kesehatan matra memiliki peran yang krusial dalam memastikan kualitas hidup yang baik dan produktivitas manusia di manapun dan kapanpun, termasuk dalam suatu kegiatan di area tertentu, seperti kegiatan festival/pentas seni. Pada acara festival/pentas seni dapat terjadi suatu situasi yang tidak terduga seperti kegawatdaruratan yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu, perlunya edukasi mengenai kesehatan matra di festival sekolah/pentas seni guna untuk mencegah terjadinya kegawatdaruratan yang mungkin terjadi.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_13.54.30.jpeg

Pada hari Jum’at, 6 Oktober 2023 telah berlangsung kegiatan "Project Based Learning Kesehatan Matra". Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan yang merupakan gabungan dari mahasiswa aktif S1 Keperawatan dan S1 Kesehatan Masyarakat sebagai bentuk aplikasi pembelajaran Interprofesional education (IPE) mata kuliah Kesehatan matra.

Acara ini dilaksanakan pada pukul 13.00-15.30 WIB di SMAN 5 Depok Perum Jl. Bukit Rivaria Sektor 4, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, 16519. Tujuan acara ini diselenggarakan adalah untuk menambah wawasan dan memahami masalah kesehatan dan penanganannya pada saat festival sekolah kepada siswa/i SMAN 5 Depok yang termasuk kedalam kepanitian penyelenggara festival sekolah yang diadakan oleh SMAN 5 Depok yaitu Hyperduty. Acara ini diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa/i SMAN 5 Depok terkait pertolongan pertama atau bantuan hidup dasar saat kegiatan festival/pentas seni diselenggarakan, sehingga dapat melakukan penanganan secara cepat jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini diawali dengan registrasi dan pengisian pre-test sekaligus pembagian snack kepada peserta. Lalu, pembukaan oleh MC dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan diberikan oleh ketua pelaksana, dosen pembimbing, dan wakil bidang kurikulum SMA 5 Depok. Lalu dilanjut dengan pemberian pelakat kepada pihak sekolah. Selanjutnya, masuk kepada acara inti yaittu pemberian materi mengenai  H2O : Healthy, Hydrated, And Optimal Safety (During School Festival).

Setelah pemaparan materi oleh Mahasiswa, terlihat antusias dari para peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab dan penambahan materi tambahan oleh dosen pembimbing. Dilanjut dengan ice breaking. Selanjutnya, masuk kepada demonstrasi dari Resusitasi Jantung Paru (RJP) dan dilanjutkan dengan redemonstrasi peserta melakukan RJP. 

Terlihat juga antusias para peserta dengan ikut turut serta berpatisipasi dalam setiap kegiatan ini dan sangat antusias dalam menyaksikan demonstrasi dan melakukan redemonstrasi. Lalu, dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk penanya terbaik dan peserta yang berani untuk me-redemonstrasikan RJP. Selanjutnya pengisian post-tes di penghujung acara guna mengevaluasi pengetahuan audiens setelah pemaparan materi.

Dan Penutupan Acara Project Turun Lapangan Kesehatan Matra dengan tema “H2O : Healthy, Hydrated, And Optimal Safety (During School Festival)” Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan resmi ditutup oleh MC dan dilanjut oleh sesi foto bersama. (KP)

Informasi