• Languages :
  • indonesian
  • english

Kuliah Umum : Seminar Dan Workshop Physiotherapy Festival Dies Natalis HISFO 2022

  • :
  • : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • : 75

FIKES UPNVJ -  Pada Minggu, 25 September 2022 telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Umum oleh  Program Fisioterapi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta yang bertempat di Auditorium MERCe FIKES, Kampus Limo UPN "Veteran" Jakarta. Acara ini dipandu Fiolita Fatwa Hasyahara selaku pembawa acara dan Ibu Ika Fitri Wulan Dhari, SST., Ft., M.Erg yang selaku moderator kegiatan ini dihadiri oleh 70 peserta, peserta yang hadir tersebut terdiri dari mahasiswa fisioterapi dan dosen fisioterapi, serta narasumber.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.25.20.jpeg

Acara ini dibuka oleh pembawa acara dilanjutkan dengan doa, mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dilakukan oleh Araika Alfathika Mukti selaku Ketua Pelaksana, M. Daffa Ramadhianto selaku Ketua HISFO, sambutan Kepala Program Studi yang diwakilkan oleh Ibu Rena Mailani, S.FT, M. Biomed, AIFO, Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku Ketua Jurusan Fisioterapi, dilanjutkan oleh sambutan dekan yang diwakilkan oleh Ibu Ns. Santi Herlina S.Kep, M.Kep, Sp.Kep MB sekaligus membuka acara. Selanjutnya penyerahan pembawa acara kepada Ibu Ika Fitri Wulan Dhari, SST., Ft., M.Erg sebagai moderator, dilanjutkan dengan moderator membacakan CV Bapak Dr. Andy Widjaja, B.BMed, DPT selaku narasumber dari Founder TheIndoPhysio.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.26.02.jpeg

Kemudian dilakukan pemotongan tumpeng oleh Araika Alfathika Mukti selaku Ketua Pelaksana dan Kepala Program Studi yang diwakilkan oleh Ibu Rena Mailani, S.FT, M. Biomed, AIFO sebagai simbolis dari acara Physiotherapy Festival Dies Natalis, serta dilakukannya sesi foto bersama. Selanjutnya penyerahan pembawa acara kepada Ibu Ika Fitri Wulan Dhari, SST., Ft., M.Erg sebagai moderator, dilanjutkan dengan moderator membacakan CV Bapak Dr. Andy Widjaja, B.BMed, DPT selaku narasumber dari Founder TheIndoPhysio.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.26.35.jpeg

Selanjutnya pemaparan materi yang dilakukan oleh Bapak Dr. Andy Widjaja, B.BMed, DPT dengan tema “Bahaya Overstretch yang Mengakibatkan Sprain Ankle pada Atlet”. Materi yang di sampaikan salah satunya terkait manajemen tim olahraga, fisioterapi merupakan bagian integral dalam tim multi-disiplin yang bekerja secara bersama-sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi para atlet. Salah satu hal yang paling sering terjadi pada atlet adalah overstretch, sebagai fisioterapis harus mengetahui penyebab dan akibat dari overstretch pada atlet untuk mengoptimalkan performa atlet. Kemudian moderator menyampaikan kesimpulan dari pemaparan materi yang dibawakan oleh pemateri. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dari para peserta ke pemateri Bapak Dr. Andy Widjaja, B.BMed, DPT. Serta mendemonstrasikan alat.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.26.24.jpeg

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicaraSetelah seluruh rangkaian acara selesai, dilanjutkan dengan penutupan acara oleh pembawa acara. Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan baik dan dapat ditingkatkan lagi untuk acara berikutnya.