• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PBL 3 “Pencegahan Heat Stroke, Penggunaan APD, dan Manual Material Handling pada Pekerja Sipil Proyek Konstruksi”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 07 Pebruari 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 309

FIKES UPNVJ – Pada tanggal 20 November 2023 Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melaksanakan penyuluhan  K3 dari Mata Kuliah Pengalaman Belajar Lapangan 3 yang didampingi oleh Bapak Afif Amir Amrullah, S.Kep, M.KKK selaku dosen pembimbing.

Salah satu kelompok mahasiswa semester 7 yang beranggotakan Kezia Putri Christiandi, Allya Putri Antarja, dan Julivia Anggraini melakukan Pengalaman Belajar Lapangan  3 di PT. Rekadaya Elektrika. Kegiatan promosi kesehatan dilaksanakan pada pekerjaan proyek RE di PT. PLN Nusantara Power, Unit Pembangkit Muara Karang, Pluit, Jakarta Utara.

WhatsApp_Image_2024-02-07_at_16.37.48.jpeg

Kegiatan promosi kesehatan mengusung topik “Pencegahan Heat Stroke, Penggunaan APD, dan Manual Material Handling pada Pekerja Sipil Proyek Konstruksi” dan rangkaian kegiatannya antara lain:

Persiapan
Persiapan dilakukan sejak pertengahan bulan Oktober 2023. Kelompok sepakat untuk memilih sasaran berupa pekerja sipil karena pekerjaan konstruksi tentu tidak terlepas dari para pekerja sipil yang berisiko mengalami kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Sebelum melakukan promosi K3, kelompok terlebih dahulu membuat proposal dan SAP yang memuat tanggal, jam, durasi, materi, metode, media, alat, bahan, dan rencana tahapan kegiatan. Setelah itu kelompok mempersiapkan segala alat dan bahan untuk melaksanakan kegiatan, seperti poster sebagai media penyuluhan, daftar hadir, soal pretest dan posttest, serta snack untuk dibagikan kepada pekerja.

Penerapan
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 pukul 09.00–09.30 WIB di PT. PLN Nusantara Power dengan pembukaan acara dan perkenalan kelompok oleh masing-masing anggota kelompok, pengisian pretest oleh pekerja, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kezia Putri Christiandi, Allya Putri Antarja, dan Julivia Anggraini dengan bantuan media promosi berupa poster, kemudian pekerja diarahkan untuk mengisi posttest. Kegiatan ditutup dengan pengisian daftar hadir, pembagian snack, dan foto bersama.

Evaluasi
Evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan. Evaluasi dilakukan dengan mengamati hasil pretest dan posttest peserta.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait keselamatan berkendara, dilakukan promosi kesehatan yang diikuti oleh 20 orang pekerja sipil. Sebagai bentuk dukungan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dilakukan pemberian tas P3K dan cooling towel kepada Koordinator K3 di proyek tersebut. 

Informasi