• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Tim LPPM Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta: Percepatan Pembangunan UMKM Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 18 Oktober 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 344

FIKES UPNVJ  - Melanjutkan dua pengabdian masyarakat yang sebelumnya, Tim Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta kembali melaksanakan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat di Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu. Kegiatan ini diketuai oleh Widayani Wahyuningtyas dan beranggotakan Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, Sintha F, Kharisma Wiati Gusti, Chahya Kharin Herbawani serta Tim Mahasiswa di bawah naungan LPPM UPN “Veteran” Jakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2022 di Balai Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu.

WhatsApp_Image_2022-10-18_at_08.59.06.jpeg

Tim mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta ini mengadakan pemberdayaan potensi SDM dan SDA yang berlimpah untuk mengembangkan UMKM di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Selama satu hari Tim mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan berbagai kegiatan, diawali dengan pengerjaan pre-test, kemudian dilanjut pemaparan materi terkait Teknik Follow Up, Pengumpulan Database, dan Modifikasi Produk, serta diakhiri dengan pengisian post-test.

Pemilihan materi tersebut didasarkan atas urgensi dari ketiga hal tersebut. Teknik follow up penting untuk menjaga komunikasi dan kontak lanjutan dengan calon pelanggan agar mampu mencapai keberhasilan penjualan. Database pelanggan berperan penting dalam proses branding dan promosi UMKM, sehingga banyak hal yang dapat dianalisis dari database pelanggan UMKM serta untuk memberikan hal yang baru, guna memperpanjang usia produk agar lebih tahan lama dan meningkatkan daya jual produk dibutuhkan modifikasi.

Acara pengabdian hari itu ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dengan penduduk. Pengabdian ini merupakan pengabdian terakhir yang menutup rangkaian pengabdian yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2022. Dengan berakhirnya rangkaian pengabdian ini diharapkan penduduk Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu mampu mempertahankan dan mengembangkan potensi berwirausaha.

Informasi