• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Projek Fisioterapi Komunitas “Pola Hidup yang Baik untuk Lansia pada Kasus Rematik Bersama Fisioterapi”

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 20 Mei 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 117

FIKES UPNVJ - Pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2022 telah diselenggarakan Tugas Projek pada Mata Kuliah Fisioterapi Komunitas dengan mengusung tema “Pola Hidup yang Baik untuk Lansia pada Kasus Rematik Bersama Fisioterapi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Panti Jompo Yayasan Usaha Mulia Jaya, Bojong Sari, Kota Depok oleh Mahasiswa Semester 4 Kelompok 3 Kelas A Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta atas nama Ruth Grasela Sibarani, Nisa Anita Rahmalia, Srihani Wulandari, Widi Nurchoriyah, dan Bunga Anisa. Adapun dosen pengampu pada mata kuliah tersebut adalah Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO, Ibu Condrowati, S.Fis., M.Sc., AIFO, dan Bapak Andy Sirada, SST., M.Fis., AIFO.

WhatsApp_Image_2022-05-20_at_10.05.04.jpeg

Projek Fisioterapi Komunitas diikuti oleh total 11 lansia yang tinggal di Panti Jompo tersebut. Kegiatan dimulai dengan melakukan skrining tekanan darah tiap lansia kemudian para lansia dipandu untuk mengikuti senam rematik sebagai salah satu upaya dalam menangani kasus rematik yang sudah menyerang hampir seluruh lansia di panti tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi dan edukasi mengenai pola hidup yang baik untuk lansia yang terkena rematik seperti pola makan yang baik serta aktifitas fisik yang dianjurkan.

WhatsApp_Image_2022-05-20_at_10.05.11.jpeg

Projek Fisioterapi Komunitas merupakan kegiatan dimana para mahasiswa turun secara  langsung ke dalam masyarakat sebagai wujud kontribusi nyata yang dilakukan. Kegiatan tersebut bertujuan agar para mahasiswa dapat mengobservasi secara langsung terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam suatu komunitas kemudian turut berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di komunitas tersebut. Para mahasiswa fisioterapi juga diharapkan mendapatkan pengalaman dan juga pengetahuan sehingga dapat ikut berperan dalam menghadapi permasalahan kesehatan, khsususnya yang berkaitan dengan gangguan fungsi gerak yang terjadi di masyarakat di masa yang akan datang.

Informasi