• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sosialisasi dan Pelatihan Karang Taruna dalam Penanggulangan COVID-19

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 11 Pebruari 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 792

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 25 Juli 2021, Tim dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta telah melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Karang Taruna tentang Penularan dan Pencegahan COVID-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Cipayung, Kota Depok. Acara dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting pukul 13.30—15.30 WIB serta dihadiri oleh 17 partisipan dari Karang Taruna Pasir Putih.

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan pemberdayaan kelompok remaja khususnya karang taruna dengan membentuk tim satuan tugas yang beranggotakan karang taruna dan membangun sinergi dengan gugus tugas COVID-19 dalam penanggulang penyebaran COVID-19 di wilayah Cipayung Kota Depok. Selain itu juga kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan setiap anggota karang taruna terkait tugas dan kewajiban dari petugas COVID-19.

MHS1.jpg

Pada kegiatan kali ini melibatkan mahasiswa aktif serta dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta untuk menjadi pengisi acara. Acara dibuka oleh saudari Meidy Wiradati (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana) MC sebagai pemandu berjalannya acara Sosialisasi dan Pelatihan Karang Taruna tentang Penularan dan Pencegahan COVID-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Cipayung.

Rafiah1.jpg

Pembicara pertama yaitu Ibu Rafiah Maharani Pulungan, SKM., MKM. (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi dengan judul “Epidemiologi Covid-19 (terkait data).”

Mhs.jpg

Selanjutnya, pembicara kedua yaitu saudari Nabila Aulia (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana), beliau memaparkan materi dengan judul “Peran Masyarakat dalam penanggulangan covid khususnya remaja.”

Fathinah.jpg

Lalu, pembicara ketiga yaitu Ibu Fathinah Ranggauni Hardy, SKM., M.Epid (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi dengan judul “Pencegahan covid-19 dan Pengendalian Covid-19.”

Nanang.jpg

Setelah itu dilanjutkan, pemaparan materi oleh Bapak Nanang Nasrullah, STP, MSi. (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi berjudul “Gizi pada masa pandemi covid.” Lalu sesi tanya jawab dilaksanakan oleh MC yang memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait dengan topik Sosialisasi dan Pelatihan Karang Taruna tentang Penularan dan Pencegahan COVID-19 serta berlanjut dengan tanya jawab dari pertanyaan yang diberikan peserta.

Rafiah.jpg

Dengan dipaparkannya materi tersebut oleh keempat pembicara Sosialisasi dan Pelatihan Karang Taruna tentang Penularan dan Pencegahan COVID-19, maka diharapkan masyarakat dapat menurunkan dan menyelamatkan kesehatan masyarakat di tengah pandemic COVID-19 ini.

Informasi