• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 Pendampingan Psikososial Anak Terdampak Covid-19 di RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 09 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 115

FIKES UPNVJ - Pada Hari Kamis tanggal 7 Oktober 2021 Dosen Keperawatan Fakultas Ilmu Kehatan UPN Veteran Jakarta Ns. Evin Novianti, M.Kep, Sp. Kep. J, Ns. Duma Lumban Tobing, M.Kep, Sp. Kep. J dan Dosen PsikologiFakultas Ilmu Kehatan UPN Veteran Jakarta Rosnalisa, S.Psi. Cht. Ed co, M.Psi Mengikuti Kegiatan Pendampingan Psikososial Anak Terdampak Covid-19 di RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta dalam Rangka Kegiatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021.

Evin.jpg

Adapun Kegiatan yang dilakukan Pendampingan pada anak (5-12 tahun) dan remaja (13-19 tahun) yang mengalami kehilangan salah satu atau kedua orang tua akibat gelombang kedua pandemi covid-19. Bersama-sama dengan dokter psikiatri anak dan perawat jiwa di RSSH memberikan pengetahuan kepada remaja tentang stress, gejala dan bagaimana mengatasinya. 31 anak remaja yang diundang ini, hanyalah sebagian kecil dari jutaan anak Indonesia yang mengalami kehilangan dan berduka akibat kehilangan orang tua mereka. Terapi yang diberikan beragam sesuai dengan usia. Untuk anak usia sekolah 6-11 tahun, diberikan kesempatan mengekspresikan suasana hati melalui warna origami.

WhatsApp_Image_2021-10-09_at_16.17.57.jpeg

Hitam bertanda sedih, merah adalah marah, kuning khawatir atau takut dan hijau adalah senang. Setelah nya, anak-anak diberikan terapi lukis pada media dompet sesuai keinginan hati mereka. Anak remaja 12-15 tahun diberikan terapi untuk mengekspresikan rasa duka dengan terapi memafkan dan game membangun rumah dengan kartu yang menggambarkan pondasi jiwa kuat untuk masa depan mereka kelak.

WhatsApp_Image_2021-10-09_at_16.16.22.jpeg

Informasi