• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Edukasi Program Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Kepada Orang Tua Santri Dan Guru Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Mumtaza Islamic School

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 09 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 118

FIKES UPNVJ - Anemia masih merupakan salah satu permasalahan gizi global yang berdampak terhadap kesehatan manusia baik perkembangan sosial maupun ekonomi. World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah orang yang menderita anemia di seluruh dunia sekitar 2 miliar dan separuhnya dapat diatasi dengan zat besi. Populasi remaja (usia 10-19 tahun) utamanya remaja putri merupakan kelompok rentan terhadap defisiensi zat besi (WHO 2011). Anemia gizi besi terjadi di antaranya karena kurangnya asupan makanan yang mengandung sumber zat besi. Hasil studi di Tangerang pada tahun 2004 memperlihatkan asupan total zat besi pada anak perempuan penderita anemia umur 10-12 tahun hanya sebesar 5,4 mg/hari, lebih rendah dari kebutuhan per hari sebesar 20 mg/hari sesuai Angka Kecukupan Gizi 2013(Kemenkes RI, 2016).

Apriningsih.jpg

Kamis, 07 Oktober 2021, Edukasi Program Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Kepada Orang Tua Santri Dan Guru Madrasah Program Sarjana  Kesehatan Masyarakat  Bekerjasama Dengan Madrasah Ibtidaiyah Mumtaza Islamic School, Tangerang Banten. Program Edukasi Kesehatan Tim Pengabdian Masyarakat Dr.Apriningsih, S.K.M.,M.K.M, Dian Lutfiana Sufyan, S.Gz.M.Gizi. dan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan  2018 Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta , mengadakan pertemuan secara daring dengan para orang tua santri dan guru  madrasah ibtidaiyah (MI) Mumtaza Islamic School, Tangerang Banten. Pertemuan itu berupa acara edukasi online dengan menggunakan platform zoom meeting yang membahas tentang masalah anemia pada remaja putri dan program pencegahan serta penanggulangannya. Acara berlangsung dari jam 15.30 sampai jam 17.25 yang diikuti oleh peserta yang bergabung (join) sebanyak 70 orang. Materi diberikan oleh dosen Dr.Apriningsih, S.K.M.,M.K.M., kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan, sikap dan keyakinan diri orang tua serta para guru santri madrasah dalam program pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri. Walaupun dilakukan secara daring, tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mengikuti acara mendengarkan pemaparan materi dan aktif mengajukan pertanyaan. Pada akhir sesi peserta  yang tergabung dalam Parents teachers association MI Mumtaza menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan dan berharap akan ada kegiatan edukasi lanjutan.

Informasi