• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Gerakan Ibu Sadar 1000 HPK untuk Cegah Stunting pada Anak di Mitra Posyandu RT 07 RW 02 Kelurahan Pasir Putih-Sawangan-Depok

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 11 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 204

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 11 September 2021 tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Ns. Rokhaidah, M.Kep.Sp.Kep.An dengan anggota Ns. Chandra TW, M.Kep dan Ns. Lima Florensia, M.Kes telah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema  "Gerakan Ibu Sadar 1000 HPK untuk Cegah Stunting pada Anak". Kegiatan ini bekerja sama dengan Mitra Posyandu RT 07 RW 02 Kelurahan Pasir Putih-Sawangan-Depok. Stunting merupakan sebuah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan tinggi badan anak seusianya. Penyebab utama stunting yaitu kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

WhatsApp_Image_2021-09-11_at_13.40.36.jpeg

Masalah stunting masih manjadi PR besar bagi bangsa Indonesia sehingga harus diatasi dengan baik agar generasi masa depan Indonesia bisa menjadi generasi yang unggul, berdaya saing, dan berkualitas.Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran semua pihak terutama ibu akan pentingnya pencegahan stunting pada anak apalagi dengan adanya pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan kepada pemerintah akan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Stunting.jpg

Acara ini diikuti oleh anggota posyandu yang berjumlah 17 orang dan 3 pengurus posyandu. Pada awal kegiatan dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita kemudian dilanjutkan dengan pre test untuk ibu balita. Pendidikan kesehatan mengenai tema stunting disampaikan oleh Ns. Rokhaidah, M.Kep.Sp.Kep.An dan materi mengenai PHBS pada tatanan rumah tangga disampaikan oleh Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kep. Peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara yang diakhiri dengan post tes serta penyerahan souvenir untuk posyandu.

WhatsApp_Image_2021-09-11_at_13.39.58.jpeg

Informasi