• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sosialisasi dan Praktek Pengelolaan Sampah Masker pada Siswa Siswi Sekolah Dasar (SD) Khalifah Depok dalam Rangka Kewaspadaan Covid-19

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 23 Juni 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1160

FIKES UPNVJ - Dosen Fakultas Kesehatan UPN Veteran Jakarta selalu ingin berinovasi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pada 23 Juni 2021 telah dilaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diinisiasi oleh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yaitu Nayla Kamilia Fithri, SKM., MPH. (Prodi S1 Kesehatan Masyarakat), Rizki Amalia, SKM., MHSc. (Prodi S1 Kesehatan Masyarakat) dan Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc. (Prodi Fisioterapi). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema “Sosialisasi dan Praktek Pengelolaan Sampah Masker pada Siswa Siswi Sekolah Dasar (SD) Khalifah Depok dalam Rangka Kewaspadaan Covid-19”.

Nayla1.jpg

Kegiatan PKM ini melibatkan siswa kelas 4 dan 5 beserta guru-guru SD Khalifah Depok yang dilaksanakan secara daring selama kurang lebih 120 menit. Bentuk kegiatannya diawali sambutan dari perwakilan Kepala Sekolah SD Khalifah Depok yaitu Bunda Guru Siti Fatimah, S.Pd.I dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nayla Kamilia Fithri, SKM., MPH. dan Rizki Amalia, SKM., M.Sc.  serta memberikan praktekkan secara daring yang dipandu oleh Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc. tentang bagaimana cara mengolah sampah masker yang telah digunakan.  Selain pengelolaan sampah, siswa-siswi juga di bekali bagaimana cara mempersiapkan diri untuk kegiatan sekolah secara luring.

Nayla2.jpg

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman dan mengajak para siswa-siswi sebagai generasi muda Indonesia untuk tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan terutama dalam mengelola sampah masker pada masa pandemi Covid-19. Masker salah satu tindakan efektif dalam pencegahan penularan virus corona baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain. Sayangnya, masker yang sekali pakai dapat berkontribusi dalam penumpukan sampah serta dapat juga menjadi media penularan ulang dari penyakit Corona tersebut. Untuk itu sangat penting sekali bagi siswa-siswi   dibekali bagaimana cara membuang sampah masker yang baik dan benar.

Nayla3.jpg

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendukung program pemerintah yaitu penerapan protokol kesehatan secara tertib dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19 dan juga persiapan untuk menghadapi tatanan kebiasaan baru bagi generasi muda Indonesia. Hal ini sesuai dengan ungkapan bahwa linkungan yang sehat dapat mendukung terciptanya generasi muda yang sehat pula.

Nayla.jpg

Informasi