• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

HIMADIKA “Memotivasi Masyarakat Desa Krukut Untuk Datang Ke Posyandu” di Desa Binaan Masyarakat Desa Krukut RW 01

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 28 April 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 368

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 24 April 2021 – Senin, 26 April 2021 telah berlangsung kegiatan Desa Binaan Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Studi Keperawatan Program Diploma UPN Veteran Jakarta dengan tema “Memotivasi Masyarakat Desa Krukut Untuk Datang Ke Posyandu”. Kegiatan ini dilakukan via online melalui WhatsApp Group. Jumlah peserta yang tergabung dalam WhatsApp Group terdapat 8 peserta. Kegiatan Desa Binaan ini dihadiri oleh Ketua Posyandu RW 01 Ibu Nemah, dan masyarakat desa krukut RW 01 lainnya. (Nia Dewi Saputri)

Acara ini bertujuan untuk Membina Desa beserta masyarakatnya khususnya untuk ibu-ibu desa krukut dapat berpartisipasi datang ke posyandu, Mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga, Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan Masyarakat desa krukut khusunya RW 01 memahami materi mengenai posyandu. Sebab seperti yang diketahui bahwa kondisi kehidupan masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di desa-desa terpencil sampai saat ini masih belum dapat dikatakan memiliki kondisi kehidupan yang layak. Pada umumnya mereka belum tersentuh oleh megahnya pembangunan sarana dan prasarana yang layak dan tertinggal dalam akses informasi teknologi dan komunikasi. Hal tersebut yang membuat mereka memiliki kualitas hidup yang rendah sebagai akibat dari terbatasnya segala akses, terbatasnya kecukupan mutu pangan, terbatasnya mutu layanan pendidikan, serta rendahnya mutu layanan kesehatan.

HIMADIKA1.jpg

Acara Desa Binaan oleh Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA) UPN Veteran Jakarta 2021 ini dibawakan oleh Divisi Sosial Masyarakat HIMADIKA 2021 selaku panitia acara dengan membawakan materi yang berjudul “5 Meja Posyandu”

Dalam video yang disampaikan, posyandu adalah singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu yang mengandung makna: suatu forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Tujuan dari Posyandu adalah untuk menurunkan AKB/AKI, membudayakan NKKBS dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan kegiatan KB-Kes serta kegiatan pembangunan lainnya untuk mencapai keluarga sejahtera seperti, Program KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Penanggulangan Diare.

SIP (Sistem Informasi Posyandu) adalah rangkaian kegiatan untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan secara tepat guna dan tepat waktu bagi pengelola Posyandu.

Posyandu mandiri merupakan Posyandu percontohan terbaik dengan ciri sebagai berikut :

• Kegiatan secara teratur dan mantap.

• Cakupan program/kegiatan baik.

• Mempunyai program tambahan.

• Memiliki dana sehat dan JPKM yang mantap.

HIMADIKA2.jpg

LKMD dan PKK merupakan lembaga masyarakat yang merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang berfungsi Kades/lurah untuk tercapainya masyarakat sehat dan sejahtera.

Pelaksanaan kegiatan di Posyandu Cahaya dikenal dengan nama "sistem 5 meja", dimana kegiatan di masing-masing meja mempunyai kek hususan sendiri-sendiri. Sistem 5 meja tersebut tidak berarti bahwa Posyandu harus memiliki 5 buah meja untuk pelaksanaanya, tetapi kegiatan Posyandu harus mencakup 5 pokok kegiatan:

• Meja 1 Pendaftaran balita, ibu hamil, ibu menyusui

• Meja 2 Penimbangan balita

• Meja 3 Pencatatan hasil penimbangan

• Meja 4 Penyuluhan dan pelayanan gizi bagi ibu balita,ibu hamil dan ibu menyusui

• Meja 5 Pelayanan kesehatan, KB, imunisasi dan pojok oralit

HIMADIKA.jpg  

     

Informasi