• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

INTERNATIONAL WEBINAR PHYSIOTHERAPY 2023

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 01 Agustus 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 451

FIKES UPNVJ - Pada Sabtu, 29 Juli 2023 telah dilaksanakan International Webinar Physiotherapy 2023 dengan tema "Newest Approach in Physical Therapy for Low Back Pain” yang merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Sarjana (HISFO) UPN "Veteran" Jakarta periode 2023/2024 secara online di Platform Zoom Meeting. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai permasalahan kesehatan yang terjadi pada  daerah pinggang serta penemuan terbaru dalam penanganannya. Peserta pada acara ini sebanyak 182 orang dengan 17 peserta internasional yang berasal dari negara Philippines, Serbia, Croatia, Malaysia, California, Italy, England, India, Florida, dan Turkey.

Screenshot_102.jpg

Acara ini dimulai pada pukul 07.45 WIB dan selesai pada pukul 15.10 WIB yang dipandu oleh Faiza Syifa Dzakira Mahasiswa Fisioterapi Program Sarjana, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, kemudian pembacaan doa serta tata tertib acara. Acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan, sambutan pertama oleh Shahnaz Mashia Syaharani selaku Ketua Pelaksana, sambutan kedua oleh Aqilla Adriani selaku Ketua Himpunan, sambutan ketiga oleh Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO selaku Kepala Program Studi Fisioterapi Program Sarjana, dan sambutan keempat oleh Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakara. Setelah itu, semua peserta dan panitia melakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi.

Screenshot_103.jpg

Kemudian, pembawa acara membacakan CV moderator yaitu Ibu Suci Wahyu Ismaya, S.FT, sekaligus penyerahan pemandu acara kepada moderator untuk memandu acara. Setelah itu, pembacaan CV pemateri internal oleh moderator, kemudian pemaparan materi oleh Ibu Risa Kusuma Anggraeni, SST., M.Biomed dan ditutup dengan kesimpulan dan sesi tanya jawab. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri nasional oleh moderator, kemudian pemaparan materi oleh Bapak Rijal, S.Ft., Physio, M.Kes., M.Sc. dan ditutup dengan kesimpulan dan tanya jawab. Kemudian, penyerahan sertifikat oleh pemandu acara kepada pemateri internal dan pemateri nasional. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri internasional oleh moderator, kemudian pemaparan materi oleh Dr. Adrian Pranata dan ditutup dengan kesimpulan dan sesi tanya jawab. Setelah semua materi selesai dipaparkan, acara selanjutnya Coffee Break yaitu istirahat singkat sebelum menuju acara selanjutnya.

Screenshot_100.jpg

Setelah Coffee Break berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi games menggunakan Platform Quizziz yang terdiri dari 18 soal. Kemudian pemandu acara melanjutkan pembukaan acara Call For Paper (CFP) dan pembacaan CV reviewer yaitu Bapak Andy Sirada, SST.FT, M.Fis, AIFO. Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh peserta Call For Paper dan sesi tanya jawab oleh reviewer. Sebelum pengumuman peserta terbaik, penyerahan sertifikat dilakukan terlebih dahulu kepada reviewer oleh pemandu acara. Kemudian setelah semua peserta memaparkan karyanya, reviewer mengumumkan peserta terbaik yaitu Aliah, Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga, Universitas Pembangunan "Veteran" Jakarta.

Kemudian, pemandu acara mengambil alih kembali acara dan mengumumkan pemenang dari sesi games yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyelenggarakan acara ini sekaligus pemberian link absensi kepada peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara. Secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan sesuai dengan rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia. (NRS)

Informasi