• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Penyuluhan Kesehatan Mengenai Chikungunya"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 64

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 23 April 2024 telah dilakukan kegiatan Penyuluhan kesehatan mengenai Chikungunya dalam rangka mitigasi bencana yang berlokasi di GOR Bulu Tangkis RT/RW 02/08 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok oleh mahasiswa Program Studi Profesi Ners UPN Veteran Jakarta. Penyuluhan kesehatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan mitigasi bencana pada mata kuliah kesehatan matra. Kegiatan ini dilakukan setelah mahasiswa mengumpulkan data mengenai permasalahan yang sering terjadi di wilayah RW 02, Kelurahan Limo.

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_13.07.45.jpeg

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta mempersiapkan masyarakan dalam menghadapi yang serba berubah atau disebut dengan kondisi matra. Kesehatan Matra sendiri merupakan upaya kesehatan dalam bentuk khusus yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang serba berubah secara bermakna, baik di lingkungan darat, laut, maupun udara. Kesehatan matra ini diimplementasikan untuk mengurangi  risiko masalah kesehatan dan terpeliharanya kesehatan yang baik pada masyarakat dalam menghadapi kondisi matra.

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_13.08.15.jpeg

Acara ini dihadiri oleh Ibu Ketua RT 08 dan terdapat pemeriksaan kesehatan untuk pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan asam urat secara gratis. Kegiatan Penyuluhan kesehatan mengenai chikungunya ini dimulai pada pukul 10:20. Acara diawali dengan salam dan pengisian kuesioner pretest untuk mengetahui pengetahuan peserta mengenai penyakit chikungunya yang banyak terjadi belakangan di wilayah RW 02. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi chikungunya oleh Talita Alifa dan dilanjutkan penjelasan mengenai pencegahan chikungunya pembuatan obat anti nyamuk dengan menggunakan serai wangi oleh Indira Cahyani.

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_13.08.07.jpeg

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta yang hadir aktif bertanya dan berdiskusi mengenai cara pencegahan dan penanganan dari penyakit chikungunya. Peserta juga saling berbagi pengalaman terkait penyakit chikungunya yang pernah dialaminya belum lama ini. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, peserta diberikan kembali kuesioner post test  untuk mengetahui apakah peserta sudah memahami materi yang telah disampaikan. Dilanjut dengan pemberian bibit tanaman lavender oleh mahasiswa profesi ners kepada Ibu RT 08 yang merupakan salah satu upaya untuk mencegah dari gigitan nyamuk. Dengan adanya pemberian bibit tanaman lavender, diharapkan warga RW 02 mampu mengembangbiakkan bibit tersebut agar warga senantiasa terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Kegiatan diakhir dengan foto bersama dan pemberian souvenir kepada seluruh peserta.

Link Video Hasil Mitigasi :

  • Instagram         :

Video: https://www.instagram.com/reel/C6ajbNGLpkF/?igsh=MTdzdnRqd3d3dDVjcQ==

Poster: https://www.instagram.com/p/C6avyP4rjD-/?igsh=MW9nczBheXR2NTBsZg==

Informasi