• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra Sosialisasi Pencegahan DBD (Demam Berdarah Dengue) Pada Anak Usia Sekolah

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 16 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 105

FIKES UPNVJ - Depok, 22 April 2024 – UPN Veteran Jakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan, Jurusan Program Studi Pendidikan Program Profesi Ners dalam rangka mitigasi bencana di wilayah Depok maka kami mengadakan Sosialisasi Pencegahan Wabah DBD (Demam Berdarah Dengue) di kelurahan Limo, Kecamatan Limo.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_07.25.54.jpeg

Kegiatan ini dihadiri oleh 35 peserta anak usia sekolah juga 8 guru pembimbing dan dilaksanakan di Rumille Al-Hilya, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo. Sebagai Upaya dalam pencegahan wabah DBD melalui edukasi dengan sasaran yaitu anak usia sekolah di kelurahan limo. Adapun Kegiatan yang kami lakukan yaitu penyampaian materi DBD yang diiringi dengan permainan. Dalam edukasi tersebut kami memaparkan topik DBD mulai dari pengertian, tanda gejala, penyebab serta pencegahan dan penanganan DBD.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_07.26.27.jpeg

Pencegahan DBD sangat penting dan Masyarakat harus mengerti apa saja tanda-tanda gejala yang timbul apabila seseorang terkena DBD, karena sudah memasuki musim hujan akan berdampak pada genangan yang membuat nyamuk aides aigepty bisa bersarang dan menyerang kita apabila tidak melakukan pencegahan dan waspada terhadap bahaya nya demam berdarah terutama pada anak-anak.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_07.16.39.jpeg

Kegiatan dibuka dengan perkenalan oleh kami selaku mahasiswa UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Anisa dan Nabila Tsamara terkait pecegahan Wabah DBD. Setelah selesai pemaparan terkait materi DBD oleh pemateri dilanjutkan dengan permainan yang dipimpin oleh Aulya dan Fitri sebagai bentuk evaluasi pemahaman anak-anak dari materi yang sudah disampaikan.

Akhir permainan akan didapatkan 3 anak yang nantinya diminta untuk menjawab pertanyaan yang sudah kami siapkan. Sebagian besar peserta dapat menjelaskan kembali penyebab, pencegahan  dan penanganan DBD (Demam Berdarah Dengue).

Sosialisasi diakhiri dengan permainan dan pembagian hadiah snack sebagai bentuk apresiasi kepada anak usia sekolah yang sudah berpartisipasi dan memahami betapa pentingnya mencegah DBD. Hal ini menjadi harapan bagi kelompok kami dan msyarakat sekitar bahwa ada beberapa cara mecegah DBD salah satunya dengan cara 3M (Menguras, Menutup, Mendaur ulang) khususnya bagi anak usia sekolah dapat diajarkan sedini mungkin terlebih caranya mudah untuk dilakukan.

Informasi