• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Mengenal Gempa Bumi dengan Pembekalan Pertolongan Pertama pada Korban Bencana Sebagai Bentuk Mitigasi"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 47

FIKES UPNVJ - Pada Hari Minggu, Tanggal 21 April 2024 telah dilaksanakan penyuluhan mitigasi di wilayah Rt.02 Rw.01 kelurahan limo, kecamatan limo dengan tema “Mengenal Gempa Bumi dengan Pembekalan Pertolongan Pertama pada Korban Bencana”. Jumlah peserta yang hadir yaitu 30 peserta. Tujuan penyukuhan mitigasi bencana adalah untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada masyarakat demi meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait penanggulangan bencana gempa bumi, selain itu kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengaplikasian dan pengabdian kepada masyarakat

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_08.46.50.jpeg

Kegiatan diawali dengan warga mengisi absensi kehadiran bersama dengan pengecekan kesehatan tekanan darah dan Glukosa Darah Sewaktu (GDS). Tepat pukul 10.00 kegiatan dimulai, sebelum memasuki acara inti. Terdapat pembukaan sambutan oleh ketua RT.02, Bapak Elan Maulana, dan pembimbing akademisi, dosen UPN Veteran Jakarta, Ns. Rycco Darmareja, S.Kep., M.Kep. Lalu acara diserahkan ke Moderator Della Aprilia Madani, S.Kep untuk memandu jalannya presentasi dan diskusi Tanya jawab. Penyampaian Materi disampaikan oleh Bebi Ayu Wulandari, S.Kep mengenai pengenalan bencana alam gempa bumi, dampak dari gempa bumi, dan cara kesiapsiagaan mengantisipasi gempa bumi. Selanjutnya penyampaian demonstrasi oleh Mentari Fajri R.Y, S.Kep mengenai isi kotak P3K yang harus ada di dalam rumah, beberapa alat yang diperkenalkan yaitu : Plaster luka, Kassa, Salep luka/Cairan iodione, Gunting dan pinset, serta obat-obatan dasar seperti paracetamol, dan obat oralit.

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_08.48.29.jpeg

Selanjutnya demonstrasi terakhir oleh Dwi Rahmwati, S.Kep terkait penolongan pertama jika terjadi luka atau perdarahan ketika bencana/gempa. Pengenalan utama dengan 4T, Tutup, Tekan, Tinggikan luka, dan Titik tekan (Menekan nadi besar di atas luka/perdarahan itu berada). Pengenalan yang paling penting adalah cara penggunaan pembalut yang berguna untuk menekan perdarahan terjadi, lalu cara fiksasi/mengikat area luka. Selama Materi dan demonstrasi berlangsung warga sangat antusias memperhatikan dan bahkan banyak yang bertanya mengenai materi dan tata cara melalukan penolongan pertama. Sebelum acara ditutup Ns.Rycco Darmareja, M.Kep menambahkan sedikit penjelasan dan mempraktekkan cara evakuasi dari gempa bumi dengan menutup kepala dan melindungi leher yang didemonstrasikan gerakannya oleh Della Della Aprilia Madani, S.Kep.

WhatsApp_Image_2024-05-06_at_08.49.36.jpeg

Selanjutnya penyerahan sertifikasi kepada Ketua Rt.02. Semua kegiatan di dokumentasikan oleh Nevin Zhasmin Miszka, S.Kep. Harapan dari kegiatan mitigasi, semoga masyarakat dapat mempraktekan apa yang sudah di demontrasikan terkait pertolongan pertama jika terjadi luka atau perdarahan, bukan hanya saat terjadi bencana tetapi dalam kehidupan sehari-hari saat keluarga, tetangga maupun diri sendiri mengalami luka atau bahkan perdarahan.

Link Video Hasil Mitigasi :

Informasi