• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Masa Bimbingan Mahasiswa (MABIM) FIKES UPNVJ 2022

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 05 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 2308

FIKES UPNVJ – Sabtu-Minggu, 20-21 Agustus 2022 telah dilaksanakan rangkaian acara Masa Bimbingan Mahasiswa Baru (MABIM) Fakultas Ilmu Kesehatan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Kegiatan ini mengangkat tema yaitu Generasi milenial FIKES: “Membentuk Generasi Muda Berkepribadian Bela Negara untuk Menghadapi Era Digital Pasca Pandemi”. MABIM merupakan salah satu program kerja Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. MABIM ini menjadi satu kesatuan dalam rangkaian kegiatan PKKMB mahasiswa baru di tingkat Fakultas yang menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi serta materi sebagai gambaran dalam menjalani masa belajar di universitas.

WhatsApp_Image_2022-09-05_at_15.40.50.jpeg

Kegiatan MABIM ini dilaksanakan di Kampus Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan secara hybrid. Hari pertama acara MABIM dimulai pukul 06.30 WIB diawali dengan registrasi peserta serta pemutaran video ucapan selamat datang kepada MABA 2022 dan Profil FIKES UPNVJ. Setelah peserta registrasi, peserta akan dilakukan skrining atau pemeriksaan dan diarahkan untuk masuk ke dalam ruangan hingga pukul 08.20 WIB. Setelah itu, pukul 08.20 WIB acara dibuka dengan doa serta pembacaan susunan acara dan tata tertib. Acara selanjutnya Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN, lalu dilanjutkan dengan sambutan ketua PKKMB FIKES dan ketua BEM FIKES.

Pukul 08.37 WIB, pemaparan mengenai PKM oleh Bapak Nanang Nasrullah, STP, M. Si, selaku pembawa materi PKM, dan dilanjut dengan tanya jawab. Setelah itu, pemaparan materi 1 oleh Saudara Bilal Soekarno selaku Presiden Mahasiswa BEM UPN Veteran Jakarta Periode 2022-2023, dan dilanjut dengan tanya jawab. Selanjutnya, pemaparan materi 2 oleh Saudara Muhammad Fikhri Syarafulloh, S.H. selaku perwakilan APBH LBH Jakarta, dan dilanjut dengan tanya jawab serta studi kasus hingga pukul 13.00 WIB. Acara MABIM hari pertama ditutup dan mahasiswa baru diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing dan bersiap diri untuk melaksanakan MABIM hari kedua.

WhatsApp_Image_2022-09-05_at_15.40.40.jpeg

Hari kedua MABIM, pada jam 07.00 WIB mahasiswa baru kembali melakukan registrasi dan skrining oleh panitia sekaligus pemutaran video ucapan selamat datang kepada MABA 2022 serta Profil FIKES UPNVJ dan dilanjut dengan sarapan. Kemudian, acara dibuka dengan doa, pembacaan tata tertib, pembacaan susunan acara, mendengarkan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN. Selanjutnya ada pemaparan materi 1 oleh Muhammad Rizki Purnama S.Gz sekaligus tanya jawab dan agar mahasiswa baru tidak bosan mendengarkan materi saja ada penampilan yel-yel dari setiap kelompok selama 12 menit. Kemudian dilanjut dengan pemaparan materi 2 oleh Ibu Rizki Amalia, SKM., M.H.Sc dan pemaparan materi 3 oleh Saudari Bunga Anisa Abubakar dan Saudari Navianur sekaligus tanya jawab setiap selesai satu sesi pemaparan oleh pembicara.

Setelah itu, pada jam 11.50 hingga 13.09 WIB mahasiswa baru dilakukan mobilisasi ke setiap kelas oleh mentor untuk melakukan coaching clinic. Setelah semua rangkaian acara MABIM hari kedua selesai mahasiswa diperbolehkan pulang dan akan dilanjut dengan penutupan MABIM pada pekan selanjutnya.

Minggu, 28 Agustus 2022 mahasiswa baru kembali berkumpul di kampus Fakultas Ilmu Kesehatan dalam rangka penutupan MABIM. Pukul 07.00 dilakukan registrasi dan skrining oleh panitia dan dilanjut pembukaan acara dengan doa, pembacaan tata tertib, pembacaan susunan acara, mendengarkan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN seperti hari-hari sebelumnya. Selanjutnya ada ucapan terima kasih dari Ketua BEM FIKES dan penampilan video kompilasi selama berjalannya kegiatan MABIM selama 18 menit. Lalu, ada perkenalan terbaik untuk 2 orang, twibbon terbaik untuk 3 orang, tugas MABIM terbaik berupa poster, essai, dan debat terbaik masing-masing 1 orang, video kelompok terbaik untuk 1 kelompok, yel-yel terbaik untuk 1 kelompok, dan kelompok terbaik untuk 1 kelompok. Pada pukul 09.42 hingga 10.12 ada berbagai penampilan dari perwakilan angkatan yang kemudian dilanjut dengan pengumuman Raja dan Ratu serta penyampaian kesan dan pesan. Sebelum berakhirnya acara ada games dan nyanyi sebagai penampilan hiburan, dan akhirnya kegiatan MABIM ini ditutup oleh MC.

Informasi