• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi : Cegah Kebakaran Dengan Bakti (Bersama Awas Kebakaran Tingkatkan Inisiatif)

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 30 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 77

FIKES UPNVJ - Kebakaran merupakan kejadian di mana proses pembakaran terjadi tanpa terkendali, dapat mengakibatkan kerusakan pada properti, lingkungan, bahkan kehilangan nyawa. Ini meliputi kebakaran bangunan, kebakaran hutan, kendaraan, atau insiden kebakaran lainnya di berbagai situasi. Pada tahun 2017, Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mencatat 1.471 kejadian kebakaran, sedangkan pada 2018, tercatat 692 kejadian kebakaran dalam setengah tahun menurut BNPBD. Pada tanggal 28 April 2024, kelompok 6 mahasiswa praktik klinik kesehatan matra UPNVJ menyelenggarakan penyuluhan mitigasi kebakaran dengan tema "BAKTI (Bersama Awas Kebakaran Tingkatkan Inisiatif)" di Aula Mushola Mudawatul Islam Rt 03, RW 06, Kelurahan Limo, Kota Depok untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran dan memperkuat kemampuan mereka dalam pencegahan.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_10.38.17.jpeg

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dalam implementasi praktik kesehatan matra terpadu. Kegiatan dihadiri oleh 25 orang peserta RT 03 RW 06, yang antusias berpartisipasi. Kegiatan dihadiri juga oleh Ustadz Zaki Sain Ali sebagai Ketua RT 03 RW 06 dan Ns Santi Herlina, M.Kep., Sp.Kep. MB. sebagai dosen pembimbing yang sekaligus membuka acara dengan sambutan. Untuk membuka kegiatan, pembawa acara memulai dengan doa bersama serta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Kemudian pemberian tandah kasih berupa plakat dan sertifikat yang diwakilkan oleh dosen pembimbing kepada ketua RT.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_10.38.25.jpeg

Pada inti acara, peserta diarahkan untuk mengisi kuesioner pretest yang dibantu oleh para mahasiswa sebagai fasilitator, yang kemudian diikuti dengan pemaparan materi tentang pencegahan dan penanganan kebakaran kecil, serta demonstrasi cara memadamkan api menggunakan alat tradisional oleh kedua pemateri. Setelah itu, peserta diberi kesempatan untuk mencoba demonstrasi tersebut sendiri, dan terdapat sesi tanya-jawab interaktif antara pemateri dan peserta. Para peserta yang bertanya dan melakukan re-demonstrasi berkesempatan mendapatkan doorprize. Untuk mengakhiri sesi pemaparan materi, para peserta Kembali diarahkan untuk mengisi kuesioner posttest. Pembawa acara kemudian menutup kegiatan dengan mengucap terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam berlangsungnya kegiatan ini.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_10.38.34.jpeg

Dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang risiko kebakaran dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengatasi masalah tersebut, acara penyuluhan mitigasi kebakaran "BAKTI (Bersama Awas Kebakaran Tingkatkan Inisiatif)" yang digelar oleh kelompok 6 mahasiswa praktik klinik kesehatan matra UPNVJ pada tanggal 28 April 2024, berhasil mencapai kesuksesan dan mendapat tanggapan positif dari peserta. Melalui kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi secara langsung, diharapkan masyarakat akan semakin siap menghadapi potensi bahaya kebakaran di lingkungan sekitar mereka.

Informasi