• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pembuatan Sabun OMJ Sebagai Wujud Aktualisasi Bela Negara Di Desa Tanjungsari, Jonggol, Jawa Barat Oleh Mahasiswa MBKM ABN FIKES UPNVJ Dalam RI

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 465

FIKES UPNVJ - Mahasiswa MBKM ABN Angkatan II Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Pendidikan Sarjana UPN “Veteran” Jakarta sebanyak 12 orang telah melakukan projek pembuatan sabun Olahan Minyak Jelantah (OMJ) di salah satu Madrasah pada Desa Tanjungsari RT.13. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 4 Oktober 2023 dan tahap evaluasi dilakukan pada Senin, 9 Oktober 2023.

WhatsApp_Image_2023-11-14_at_12.43.13.jpeg

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa MBKM ABN Angkatan II, ibu RT.13, dan 30 orang warga RT.13. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat RT.13 dapat memanfaatkan minyak jelantah dan daun pandan untuk dijadikan olahan sabun sehingga berkurangnya limbah rumah tangga yang dihasilkan.

WhatsApp_Image_2023-11-14_at_12.43.26.jpeg

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta, pembukaan kegiatan, sambutan ibu RT.13, sambutan ketua pelaksana, sambutan ketua MBKM ABN S1 Keperawatan 2023, pengerjaan pre-test, pembagian alat dan bahan kepada peserta, pemaparan tujuan kegiatan, demonstrasi pembuatan sabun berbahan dasar minyak jelantah, observasi adonan hasil peserta, pengerjaan post-test dan kuesioner kepuasan peserta, foto bersama serta penutupan kegiatan.

Dengan diadakannya kegiatan pembuatan sabun Olahan Minyak Jelantah (OMJ) ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yaitu salah satunya adalah minyak jelantah.

Informasi