• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Implementasi Perawatan Luka Oleh Mahasiswa MBKM ABN FIKES UPNVJ Di Desa Tanjungsari, Kab. Bogor, Jawa Barat

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 21 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 307

FIKES UPNVJ - Telah berlangsung pelaksanaan kegiatan Program Kerja Keperawatan Luka yang diselenggarakan oleh mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka Aktualisasi Bela Negara (MBKM ABN) Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Jonggol. Kegiatan ini memiliki rangkaian kegiatan berupa pengkajian ke rumah warga dengan kriteria memiliki luka diabetes grade 1-2 dan dilanjutkan dengan implementasi perawatan luka. Kegiatan pengkajian berlangsung selama 2 hari yaitu pada Senin, 18 September 2023 dan Selasa, 03 Oktober 2023. Pengkajian tersebut menghasilkan 3 pasien, yaitu Tn.I, Ny.R dan Ny.K yang selanjutnya akan diberikan perawatan luka. Kemudian, implementasi perawatan luka dilakukan pada Rabu, 11 Oktober 2023. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini didampingi oleh 1 perwakilan dari pihak desa serta 1 perwakilan kader di Desa Tanjungsari. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk pemberian edukasi serta pelayanan kesehatan gratis bagi pasien yang mengalami luka diabetes melitus di Desa Tanjungsari dengan pengawasan oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan Dosen Pembimbing Puska ABN.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_11.03.00.jpeg

Kegiatan ini diawali dengan menjelaskan tujuan kegiatan dan memberikan informed concent, melakukan pengkajian secara holistik, pengkajian luka, persiapan alat dan kemudian melakukan implementasi perawatan luka.

Dengan diadakannya kegiatan Program Kerja Keperawatan Luka ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya perawatan luka diabetes. Selain itu, dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa MBKM ABN berikutnya mampu meneruskan program kerja ini untuk menjangkau lebih banyak masyarakat yang memiliki luka diabetes untuk menunjang kesejahteraan dan kesembuhan pasien di Desa Tanjungsari, Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Informasi