• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa/i S1 Gizi Penyuluhan Dan Edukasi Dengan Mengangkat "Pencegahan Diabetes Melitus Dengan Pola Hidup Sehat Dan Memiliki Tema Gaya Hidup Berkelanjutan"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 23 Mei 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 147

FIKES UPNVJ -  Pada hari Minggu 14 Mei 2023, Sejumlah Mahasiswa Program Studi Gizi Program Sarjana UPN "Veteran" Jakarta, telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan wujud kegiatan turun lapang. Mahasiswa yang berjumlah 10 orang dari kelompok 2 kelas Gizi C Angkatan 2022 ini melakukan penyuluhan dan edukasi dengan mengangkat topik Pencegahan Diabetes Melitus dengan Pola Hidup Sehat dan memiliki tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Penyuluhan ini dilaksanakan di Jalan Masjid Al Mujahidin, Komplek UPN RT 05/RW 05, RT 03/RW 06, RT 03/RW 05, Kel. Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini memiliki sasaran audiens ibu-ibu rumah tangga dan posyandu. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah tidak lain untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat khususnya wanita terhadap diabetes melitus dan pencegahannya melalui pola hidup sehat, meningkatkan pemahaman juga kesadaran masyarakat terhadap diabetes melitus, dan memotivasi masyarakat untuk mengadopsi pola hidup sehat sebagai dorongan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

WhatsApp_Image_2023-05-23_at_14.44.02.jpeg

Kegiatan penyuluhan ini dibuka terlebih dahulu dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UPN, dan Mars Bela Negara. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian pre-test sebelum memulai materi, sesi pemaparan materi, ice breaking, dan pengisian post-test. Kegiatan berjalan dengan baik dan para peserta mengikuti kegiatan sesuai dengan rangkaian acara yang telah ditetapkan oleh panitia. Kegiatan penyuluhan ini ditutup dengan penyerahan bingkisan, pengisian evaluasi, dan diakhiri secara resmi oleh MC acara. Berdasarkan post-test yang telah dikerjakan oleh para peserta, hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta mengenai diabetes melitus dan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat. Dari kegiatan penyuluhan yang telah kami lakukan diharapkan dapat menambah pengetahuan para peserta terkait diabetes melitus serta dapat mengimplementasikan pola hidup sehat yang sesuai dengan tagline pada kegiatan penyuluhan kami yaitu, "Pola Hidup Sehat, Cegah Diabetes, Sehat Bersama".

WhatsApp_Image_2023-05-23_at_14.44.11.jpeg

Informasi