• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa FIKES dan FISIP UPNVJ Bersama Dosen Mengabdi Ke Lapangan Membentuk Duta-duta Kesehatan

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 23 Mei 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 592

FIKES UPNVJ - Pada hari Senin tanggal 22 Mei 2023 Dosen serta 45 mahasiswa/i dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kesehatan tentang Gizi Dan Higienitas Bagi Pelajar Sekolah Dasar. Guna melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Komite Sekolah dan jajaran pimpinan SD Islam An-Nur yang berlokasi di Perum Puri Husada Depkes Desa Cibinong Kecamatan Gunungsindur. Kegiatan itu mengusung tema “Pojok Seimbang Gizi dan Hygiene Sebagai Implementasi Revitalisasi UKS Melalui Jaringan Komunikasi”.

IMG-20230522-WA0149-1536x1152.jpg

Agustina, SKM, MKes., selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta, menjelaskan, kegiatan itu merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Giat pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Studi Kesehatan Program Sarjana Kelas C sebanyak 44 mahasiswa dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 4 orang, dosen dan dekan. 

“Kami berharap dengan giat ini para mahasiswa dan mahasiswi UPN “Veteran” Jakarta bisa memberikan dan mempraktekkan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah untuk disampaikan kepada adik – adik pelajar di sekolah ini,” ungkap Agustina, SKM, MKes.

WhatsApp_Image_2023-05-23_at_09.07.02.jpeg

Sementara Desmawati, SKp., MKep., Sp. Mat., Ph.D, Dekan FIKES UPN “Veteran”  Jakarta menjelaskan, selain dirinya, empat orang tim pengarah tersebut adalah Agustina SKM, MKes sekaligus sebagai Ketua Tim Pengmas, Dra. Anik Irawatie, MSi dan Dra. Rini Riyantini, MSi.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat dari UPN “Veteran” Jakarta terus rutin dilakukan dan tidak hanya di Bogor, tapi di sejumlah tempat dan daerah lainnya. Tujuan inti dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi peran perguruan Tinggi dalam upaya peningkatan kesejahteraan dari warga masyarakat, khususnya bidang kesehatan ,” papar Desmawati.

WhatsApp_Image_2023-05-23_at_09.04.53.jpeg

Hampir senada, Dra. Anik Irawatie, MSi mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk jaringan komunikasi di sekolah melalui murid – murid agar mampu menyampaikan informasi soal kesehatan kepada rekan – rekannya. “Jadi kita bentuk duta – duta informasi kesehatan di sekolah ini,” ujar Anik.

Ilyasa Divanri, Ketua Panitia Kegiatan Pengmas UPN “Veteran” Jakarta mengaku jika dirinya bersama seluruh mahasiswa/i yang terlibat langsung dalam giat itu merasa sangat senang dan bangga bisa mendapatkan pengalaman berharga. “ya tentu ini pengalaman penting bagi kami. Mahasiswa bangga bisa mengimplementasikan ilmu project mata ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. yang didapat di bangku kuliah bisa bermanfaat untuk masyarakat terutama adik-adik pelajar,” imbuh mahasiswa semester 2 jurusan Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana.

Sedangkan Kepala SD Islam An-Nur, Dra Yanti Khairiyah MM. mengaku sangat berterimakasih dan bahagia menjadi mitra kegiatan pengabdian masyarakat dari kampus UPN “Veteran” Jakarta. “tadi ada 200 lebih murid yang mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini. Tentu sangat berguna bagi para pelajar karena bisa menambah ilmu dan pengetahuan,” tukas Fahry.

sumber :

1. https://penanews.net/upn-veteran-jakarta-gelar-kegiatan-pengabdian-masyarakat-di-sd-an-nur/
2. https://bogor-kita.com/upn-veteran-jakarta-gelar-kegiatan-pengabdian-masyarakat-di-sd-an-nur/

Informasi