• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kegiatan Magang/PKL di Puskesmas

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 26 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 157

FIKES UPNVJ - Pelaksanaan merdeka belajar dapat diartikan dengan pelaksanaan kegiatan mahasiswa di luar kampus, salah satu nya magang. Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa akan dunia kerja, Program Studi Gizi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional dilaksanakan Program Magang Gizi Masyarakat atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Puskesmas di wilayah Kota Depok, Jawa Barat.

WhatsApp_Image_2022-09-26_at_08.15.32.jpeg

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian yang mendukung profil lulusan Sarjana Gizi. Menurut Kepala Puskesmas Pancoran Mas, dr. Yanti, kegiatan ini sangat membantu puskesmas, khususnya dalam menjalankan program puskesmas. Lebih lanjut, dr. Yanti menyebutkan bahwa mahasiswa sangat antusias dalam belajar khususnya merasakan kondisi dunia kerja secara langsung.

WhatsApp_Image_2022-09-26_at_08.15.41.jpeg

Kegiatan PKL ini dirancang mulai dari analisis situasi, penyusunan program intervensi, implementasi program, monitoring dan evaluasi serta pengukuran pencapaian kompetensi mahasiswa melalui proses ujian. Muh. Nur Hasan Syah, S.Gz., M.Kes, selaku Dosen Pembimbing menyampaikan bahwa, Secara umum mahasiswa dapat menjalankan magang dengan baik sesuai dengan panduan, hambatan dan tantangan dapat dilalui mahasiswa, khususnya dalam implementasi program.

Lastri, A.Mg, salah satu TPG dan juga selaku pembimbing lapangan, menambahkan bahwa mahasiswa mampu merancang program yang inovatif dan tepat sasaran, sehingga masyarakat dapat menerima manfaat secara langsung.

Informasi