• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Day 3 Program Pendampingan Keluarga Sehat Pentahelix SIGAP SEHATI 2022 di Pulau Kelapa Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 27 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 81

FIKES UPNVJ - Pada hari Rabu, 21 September 2022 telah terselenggara kegiatan program pendampingan keluarga sehat yang merupakan salah satu rangkaian dari Pentahelix SIGAP SEHATI 2022 di Pulau Kelapa Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kegiatan ini dijalankan oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat bersama dengan Ibu Dr. Chandrayani Simanjorang, S.K.M, M.Epid. Terdapat 8 mahasiswa yang terlibat, yaitu Hernisa Shofwatulqolbi Ramadhani, Karomah Devi Astriningrum, Nur Afifah Fajriyah, Faza Duta Pramudyawardani, Celika Fahrudina, Anisya Febriyanti, Zahranita Inasya, dan Ridho Fadhil Muhammad.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.35.50.jpeg

Sasaran dari kegiatan ini adalah 5 rumah panggung warga yang berada di Rt.07 Rw.04, Pulau Kelapa dimana para keluarga masih memakai jamban cemplung. Tim mengangkat topik mengenai syarat air bersih dan dampak membuang sampah di laut. Media yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa poster dan beberapa list pertanyaan terbuka. Dari hasil kegiatan, para sasaran mengetahui bahwa air yang dipakai belum memenuhi syarat air bersih dan penggunaan jamban cemplung serta membuang sampah di laut dapat mencemari lingkungan sekitar.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.35.55.jpeg

Beberapa keluarga yang telah dikunjungi masih belum memiliki wc pribadi sehingga menggunakan wc umum berupa jamban cemplung. Pada wc tersebut tidak disediakan air sehingga para warga harus membawa air sendiri dari rumah. Tim juga memberikan bingkisan bagi keluarga yang telah bersedia meluangkan waktunya pada kegiatan ini.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.36.00.jpeg

Informasi