• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KSM BATAVIA FIKES UPNVJ 2022-2023 DUMAY (EDUKASI MASYARAKAT) BERSAMA WARGA GANG MELATI I NO.3, NO. 25, RT.009/RW.02, PONDOK LABU, KEC. CILANDAK, JAKARTA SELATAN

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 18 Juli 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 654

FIKES UPNVJ - KSM Batavia telah menyelenggarakan program kerja dari divisi Pusdiklat yaitu DUMAY (Edukasi Masyarakat) pada hari Sabtu, 16 Juli 2022. DUMAY diselenggarakan secara luring yang bertempat di Aula RT. 009/002, Gg. Melati I No.3, No. 25, RT.009/RW.02, Pondok Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan. DUMAY 2022 mengusung tema Masyarakat Tangguh Bencana: Lebih Cermat Hadapi Banjir”. Sasaran dari program edukasi ini adalah warga yang tinggal di sekitar Gg. Melati I No.3, No. 25, RT.009/RW.02, Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sikap siap siaga bencana melalui pemberian materi mengenai banjir dan longsor yang rawan terjadi di wilayah tersebut. Tidak hanya edukasi masyarakat, tetapi kegiatan DUMAY 2022 juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara gratis kepada warga yang mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

WhatsApp_Image_2022-07-18_at_15.27.13.jpeg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi sekaligus pembagian snack kepada warga. Lalu, pengerjaan soal pre test yang berkaitan dengan materi. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan diberikan oleh ketua pelaksana acara DUMAY, ketua KSM Batavia, dan tokoh masyarakat seperti ketua RT dan ketua RW. Selanjutnya, acara inti yaitu pemberian materi kebencanaan terkait banjir dan longsor. Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab dan kuis berhadiah yang diikuti warga secara antusias. Lalu, terdapat materi tambahan berupa demonstrasi bencana sebagai pelengkap materi kebencanaan.

WhatsApp_Image_2022-07-18_at_15.27.24.jpeg

Acara dilanjutkan dengan ice breaking untuk membangun kembali semangat dan antusias warga. Selanjutnya, acara ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat secara simbolis sebagai kenang-kenangan dari KSM Batavia kepada perwakilan warga setempat. Acara ini diakhiri dengan pengisian post test dan pemeriksaan kesehatan menggunakan kupon yang telah dibagikan. Pemeriksaan kesehatan yang tersedia terdiri dari pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

WhatsApp_Image_2022-07-18_at_15.26.59.jpeg

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mengenai kebencanaan yang telah dipelajari kepada masyarakat sasaran. Hal ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana dan mempersiapkan masyarakat yang tanggap bencana di wilayah rawan bencana pada masa yang akan datang. Selain itu, dengan adanya pemeriksaan kesehatan juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya.

WhatsApp_Image_2022-07-18_at_15.26.47.jpeg

Informasi