• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Peran Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Dalam Kegiatan FIKES Mengabdi “Satu Langkah Menuju Keluarga Sehat”

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 10 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 409

FIKES UPNVJ -  Pada hari Jumat, 3 Juni 2022 Jam 09.00 WIB telah berlangsung kegiatan Fikes Mengabdi (FM) dengan tema “Satu Langkah Menuju Keluarga Sehat”. Kegiatan ini dilakukan via offline di Desa Jampang – Gunung Sindur – Bogor, jumlah peserta yang hadir dalam dalam kegiatan ini meliputi seluruh warga Desa Jampang. Acara ini merupakan Kegiatan pengabdian sejumlah mahasiswa terhadap masyarakat yang sekiranya membutuhkan bantuan kami.  Dalam acara ini dihadiri oleh :

  • Wakil Dekan Bid. Akademik : Taufik Maryusman, S.Gz, M.Pd, M.Gz
  • Wakil Dekan Bid. Umum dan Keuangan : Sugianto, SE, MM
  • Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan dan Kerjasama : Ns. Santi Herlina, S.Kep, M.Kep, Sp. Kep MB
  • Dosen Pembimbing Ns. Chandra Tri Wahyudi,S.Kep, M.Kes, M.Kep
  • Kepala Desa : Maman Suherman, diwakilkan dengan Kepala Seksi  Kesejahteraan : Adi Ahmad Nahrowi, S.Pd
  • Kepala Seksi Perencanaan : Solehudin
  • Ketua RW 01 : Bapak Latif
  • Warga Setempat.

WhatsApp_Image_2022-06-10_at_13.39.43.jpeg

Acara ini bertujuan untuk merajut kembali tali silaturohim, keakraban maupun kekerabatan mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA) Fakultas Ilmu  Kesehatan UPN Veteran Jakarta serta Menumbuhkan rasa kebersamaan mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga dan Memberi pemahaman yang menyeluruh tentang pentingnya menjalin silaturrahmi dengan masyarakat dengan kegiatan-kegiatan positif mahasiswa dan persaudaraan antar sesama makhluk Tuhan semakin erat dan hubungan semakin harmonis antar peserta kegiatan serta Melatih kekompakkan dan kerjasama Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga.

WhatsApp_Image_2022-06-10_at_13.39.24.jpeg

Pada acara FIKES Mengabdi (FM) yang pertama ada  menyanyikan lagu Indonesia Raya serta MARS Bela Negara dan selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Ketua BEM, Dekan serta Kepala Desa, Pembacaan susunan acara dan tata tertib dan sesi foto bersama yang pertama. Lalu selanjutnya masuk kedalam acara inti yaitu cek kesehatan yang akan dibantu oleh beberapa mahasiswa prodi D3 dan S1 Keperawatan.

WhatsApp_Image_2022-06-10_at_13.39.30.jpeg

Dalam 3 hari di kegiatan FIKES Mengabdi kegiatan yang kami laksanakan yaitu ada penyuluhan dari berbagai prodi serta praktek dari penyuluhan tersebut seperti contoh praktek yang kami laksanakan yaitu cek kesehatan warga Desa Jampang. Kegiatan ini kami laksanakan dalam 3 RW, pembukaan kegiatan berlangsung di RW 1 dilanjut ke RW 2 dan 3 lalu dilanjut penutupan acara.

WhatsApp_Image_2022-06-10_at_13.39.18.jpeg

Setelah berakhirnya kegiatan didapatkan hasil wawancara dari salah satu peserta volunteer mahasiswi Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga yaitu Afridha Rifani. Menurut nya “ Kegiatan fikes mengabdi ini sangat seru serta melatih kita menggunakan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan untuk disampaikan kepada masyarakat yg memberi dampak positif bagi masyarakat itu sendiri, dan juga dapat memperbanyak relasi, belajar hal baru maupun  meningkatkan soft skill kita dalam berkomunikasi langsung kepada masyarakat sekitar sehingga mendorong mindset kita untuk lebih terbuka dalam berpikir, selain itu juga kehidupan masyarakat disana masih sangat erat dengan alam, sangat sederhana dan menghargai orang lain terutama kami sebagai pendatang, mempunyai sifat kekeluargaan erat, banyak masyarakat desa disana yang terbuka dengan kami. Dan tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi masyarakat desa kemarin yang kebanyakan masih awam dengan kesehatan, bisa meningkatkan pengetahuan dan juga motivasi mereka untuk hidup sehat. Disana kami banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa terutama saya sebagai mahasiswi program studi program diploma tiga salah satu pengalaman yang luar biasa yakni  memberi bantuan fisik maupun psikologis agar kondisi kesehatan masyarakat disana dapat membaik. Kesan pesan saya selama mengikuti acara ini yaitu acaranya sangat seru terlebih dapat memotivasi saya juga untuk meningkatkan kepedulian, kemanusiaan dan rasa sukarela yg akan bermanfaat untuk masyarakat banyak. Pesan saya semoga fikes mengabdi ini bisa diadakan lagi di lain waktu sehingga saya dapat mengikuti acara ini lagi “.

Selain itu kami juga melakukan survei terhadap peserta volunteer mahasiswa/i program studi program diploma tiga, yakni didapatkan hasil survei bahwa sebanyak 7 dari 7 peserta volunteer D3 Keperawatan mereka menyatakan sangat berkeinginan untuk dapat kembali mengikuti acara fikes mengabdi di lain kesempatan.

Informasi