• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIKES Mengabdi “Pemberdayaan Masyarakat Guna Optimalisasi Derajat Kesehatan Melalui Peran Keluarga”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 09 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 570

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan FIKES Mengabdi pada Hari Jumat – Minggu, 3 – 5 Juni 2022 yang dilaksanakan di Desa Jampang, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Tema dari kegiatan FIKES Mengabdi ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Guna Optimalisasi Derajat Kesehatan Melalui Peran Keluarga”. Kegiatan FIKES Mengabdi terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu penyuluhan kesehatan, demo masak MPASI, cek kesehatan, dan fisioterapi untuk warga Desa Jampang yang terbagi di wilayah RW 1, RW 2, dan RW 3.

WhatsApp_Image_2022-06-03_at_10.07.03.jpeg

Pada hari pertama kegiatan FIKES Mengabdi di selenggarakan untuk warga di wilayah RW 1 Desa Jampang. Kegiatan pada hari pertama dipandu oleh Meita Coppypah mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana dan Anggit Fajar Liani mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan Program Sarjana selaku MC. Lalu pada hari kedua kegiatan FIKES Mengabdi dilaksanakan untuk warga di daerah RW 2 dan RW 3. Kegiatan pada pada hari kedua dipandu oleh Meita Coppypah mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana dan Wemona Obelia Inas Shabrina mahasiswa aktif Program Studi Gizi Program Sarjana selaku MC.

WhatsApp_Image_2022-06-09_at_15.05.27.jpeg

Rangkaian kegiatan FIKES Mengabdi pada hari pertama dan kedua diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua BEM FIKES periode 2022/2023, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Ketua RW 01 dan Kepala Desa Jampang yang di wakilkan oleh Kepala Seksi Bidang Kesejahteraan Desa Jampang.

WhatsApp_Image_2022-06-09_at_15.05.08.jpeg

Setelah sesi sambutan dilanjutkan dengan penyuluhan gizi yang disampaikan oleh volunteer program gizi. Setelah itu diadakan kegiatan ice breaking agar peserta penyuluhan tidak merasa bosan. Lalu dilanjutkan kembali dengan demo masak MPASI yang dipraktikan secara langsung oleh volunteer kepada para peserta dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Acara selanjutnya adalah penyuluhan sanitasi terkait penyakit demam berdarah (DBD) serta praktik pembuatan filtrasi air oleh volunteer program sanitasi dilanjutkan dengan penyuluhan cek kesehatan oleh volunteer program keperawatan dan juga Sebelum berlanjut ke kegiatan selanjutnya dilakukan peregangan terlebih dahulu, setelah itu langsung dilanjutkan kembali dengan penyuluhan postur oleh volunteer bidang fisioterapi. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan kuis dan kegiatan hari pertama ditutup dengan cek kesehatan untuk warga Desa Jampang.

WhatsApp_Image_2022-06-09_at_15.04.55.jpeg

Pada hari ketiga kegiatan FIKES Mengabdi di isi dengan senam pagi bersama warga sekitar dan juga bermain games. Kegiatan FIKES Mengabdi ditutup dengan kegiatan penyerahan cenderamata, paket sembako, dan paket vitamin kepada para pemangku kepentingan serta kader kesehatan Desa Jampang untuk nantinya dibagikan kepada warga Desa Jampang.

FIKES.jpg

Informasi