• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian kepada Masyarakat: “SEBUMI” Cegah Covid-19 pada Suku Baduy

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 02 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 433

FIKES UPNVJ - Pengabdian Masyarakat SEBUMI cegah Covid-19 yang dilakukan oleh dosen FIKES (diketuai oleh Desmawati, SKp., MKep., Sp. Mat., Ph.D (dosen Ners), Ns. Dora Samaria, M.Kep (Kaprodi Ners), Agustina, M.Kes (dosen Kesmas), Ns. Ritanti, Sp Kep Kom. (dosen S1 Keperawatan), Ns Lina Ayu Marcelina., Sp. Kep Mat (dosen S1 Keperawatan) bersama  mahasiswa semester 4, semester 6, dan semester 8 S1 Keperawatan di Baduy Banten.

WhatsApp_Image_2022-06-02_at_07.47.46.jpeg

Kegiatan diawali sejak awal pekan kedua Mei dengan persiapan media; kuesioner, flipchart + standing, leaflet,  booklet dan semua dokumen lainnya. Tanggal 28-29 Mei adalah hari  pelaksanaan pengabdian tahap 1; dimana  tim dosen dan mahasiswa berangkat pagi hari dari kampus Limo menuju Baduy. Sesampainya di Baduy Pak Jaro (Kades), RW dan para RT, kader, PKK, remaja dan juga warga sudah berkumpul di saung PKK. Dimulai dengan pembukaan acara oleh MC Dara Sucika, dilanjutkan dengan penjelasan program pengmas oleh Bu Desma, sambutan oleh pak Jaro, penyebaran dan pengisian kuesioner prapenyuluhan oleh tim mahasiswa, kemudian acara inti penyuluhan-brainstorming-pendampingan-tanya jawab, selanjutnya penyebaran dan pengisian kuesioner post penyuluhan dan ditutup dengan makan bersama (bancakan). 

WhatsApp_Image_2022-06-02_at_07.47.30.jpeg

Selanjutnya esok hari yaitu pendampingan dan persiapan utk lanjutan pengabdian tahap 2 nanti yaitu pendampingan dalam proses pembuatan gula nira yang menjadi salah satu bahan pokok untuk pembuatan gulalipop sebagai cemilan yang kaya vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh dalam mencegah penyakit termasuk Covid-19.

WhatsApp_Image_2022-06-02_at_07.47.38.jpeg

Informasi