• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta Tahun 2022

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 31 Januari 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 675

FIKES UPNVJ - Sebagai upaya untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta telah melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengingat isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga poin yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan demikian, pada poin Pengabdian kepada masyarakat dapat terwujud salah satunya dengan cara dilaksanakan nya kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Kuliah Kerja Nyata ini telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga angkatan 2019 selama 2 minggu yaitu sejak tanggal 10 - 24 Januari, terdiri dari 6 kelompok yang terbagi di 6 RW yang ada di Kelurahan Limo. Pada tanggal 10 Januari 2022 di laksanakan pembukaan Acara dengan di hadiri oleh Perwakilan Dosen, Mahasiswa, Ketua RW setempat dan Masyarakat, sebagai pengenalan awal dari konsep kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang akan di laksanakan tersebut. Dengan penuh rasa Syukur melihat antusias Masyarakat dengan ikut kontribusi sehingga bisa dilaksanakan dengan baik sampai selesai.

FT.jpg

Dengan diadakan nya kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan Para Mahasiswa dapat mengimplementasikan pengetahuan dan kemampuan dalam bidang Fisioterapi terhadap masyarakat sekitar sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan Para Mahasiswa itu sendiri, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sekitar, Mengedukasi dan Mempromosikan Kesehatan kepada masyarakat, serta dapat terlibat dalam kontribusi Nasional pada permasalahan Kesehatan yang ada.

FT1.jpg

Mari tingkatkan fungsi gerak tubuh bersama fisioterapi dalam menjaga kesehatan tulang di masa pandemi ini, Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta membuka pelayanan gratis terkait fisioterapi untuk masyarakat di wilayah Kelurahan Limo. Dengan makin banyaknya permasalahan terkait tulang dan sendi di masyarakat, serta kurangnya pengetahuan tentang apa itu fisioterapi, maka perlu sekali kita mensosialisasikannya kepada masyarakat terkait apa bedanya Fisioterapi dengan Tukang Urut. Adanya kuliah kerja nyata ini di wilayah kelurahan limo, maka kami akan mengedukasi kepada masyarakat arti dari fisioterapi sebenarnya. Dan memberitahu kepada masyarakat bahwa banyak sekali permasalahan – permasalahan terkait fungsi gerak tubuh yang terjadi pada mereka. Bukan hanya mengedukasi, tapi kami juga membuka pelayanan gratis untuk masyarakat jika mengalami permasalahan – permasalahan pada fungsi gerak tubuhnya.

WhatsApp_Image_2022-01-31_at_14.57.21.jpeg

Kuliah kerja nyata ini sangat baik diterima oleh masyarakat sekitar, dikarenakan belum pernah adanya pelayanan seperti ini yang turun ke lapang. Banyak warga yang antusias sekali datang ke aula pelayanan kami ini, dengan maksud ingin konsultasi pada apa yang mereka rasakan terkait fungsi gerak tubuhnya. Pelayanan fisioterapi yang dilakukan mahasiswa meliputi anamnesa pemeriksaan, penggunaan alat modalitas, terapi manipulasi, dan latihan berupa exercise. Yang mana kita pun membuat beberapa prosedur. Warga yang datang diharuskan untuk cuci tangan atau memakai handsanitizer terlebih dahulu, wajib menggunakan masker, lalu kita mulai melakukan vital sign berupa tensi, cek suhu, cek kadar oxigen dengan oxymeter, selanjutnya kita melakukan anamnesa dan pemeriksaan, lalu kita berikan intervensi. Begitupun seterusnya. KKN ini berlangsung selama kurang dari 2 minggu dikarenakan keterbatasan waktu yang ditetapkan oleh pihak kampus. Banyak warga yang menyayangkan pelayanan kami ini hanya sebentar.

Di hari terakhir KKN, kami memberikan sebuah sertifikat penghargaan untuk ketua lingkungan dan sebuah kenang – kenangan sebagai bentuk terima kasih kami sudah diterima secara baik dilingkungan tersebut untuk melakukan KKN selama 2 minggu ini.

Informasi