• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Tim Siaga Bencana Sesi I

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 25 Juni 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 300

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan workshop Tim Siaga Bencana sesi satu yang diselenggarakan pada Rabu, 23 Juni 2021 pukul 12.30-14.00. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini dihadiri sebanyak 20 peserta yang berasal dari dokter, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga kesmas dan ahli gizi kesehatan Puskesmas Cikulur. Kegiatan workshop Tim Siaga Bencana termasuk ke dalam satu rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid 19 di Puskesmas Cikulur.

Bencana2.jpg

Acara ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa yang dipandu oleh MC. Berikutnya memasuki ke sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Rafiah Maharani Pulungan, SKM, MKM dengan topik prinsip dasar penanggulangan bencana. Acara workshop sesi pertama berjalan dengan lancar dan interaktif karena beberapa peserta mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab.

bencana1.jpg

“Upaya yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam penanganan Covid-19 dan vaksinasi sepertinya belum maksimal karena hasilnya belum mencapai target. Apakah ada masukkan dalam pemanfaatan kearifan local seperti apa yang bisa dilakukan agar capaian target bisa terwujud dan meningkat?”- Tanya Ibu Yuyun selaku petugas Puskesmas Cikulur, saat sesi diskusi dimulai.

Bencana.jpg

“Untuk hal tersebut kita sebagai tenaga kesehatan memang harus bekerja ekstra untuk terus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat yang masih sulit untuk mendapatkan informasi yang benar. Dilihat dari kondisinya wilayah daerah Cikulur masih memiliki akses jalan yang menanjak dan berlika-liku sehingga masih ditemukan wilayah yang kesulitan untuk mengakses internet. Maka dari itu kita bisa menggunakan tokoh-tokoh penting yang ada di wilayah tersebut contohnya tokoh agama yang di sanjung, tokoh besar/pemerintahan. Kita bisa bekerja sama dengan tokoh tersebut untuk memberikan contoh yang baik sehingga seluruh masyarakat mau menerima” Ungkap Ibu Rafiah menanggapi pertanyaan dari Ibu Yuyun.

Informasi