• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Praktek Belajar Lapangan 2 Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Sosialisasi Cara Mendaftar Online Puskesmas

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 23 Maret 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 898

FIKES UPN VJMahasiswa Kelompok 3 PBL 2 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat dan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan selaku dosen pembimbing, yaitu Dr. A. Heri Iswanto, SKM, MARS mengadakan kegiatan penyuluhan kepada warga RT 01 – 05 RW 05 Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok, pada tanggal 1 Februari 2020, mengenai Cara Mendaftar Puskesmas secara Online. Tempat penyuluhan berlokasi di PAUD Al Aisar RT 02 RW 05 Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok.

Berdasarkan hasil musyawarah dengan perwakilan tokoh masyarakat RT 01– 05 RW 05 Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok dinyatakan bahwa masyarakat jarang ke puskesmas karena tidak mengerti cara mendaftar online puskesmas. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai tata cara mendaftar online puskesmas.

pbl24.jpg

Peserta penyuluhan terdiri dari warga RT 02 – 05 RW 05 Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok. Warga mendapatkan penyuluhan mengenai Cara Mendaftar Puskesmas secara Online dengan tujuan agar warga dapat memahami dan menerapkan mendaftar puskesmas secara online. Selain itu, tujuan penyuluhan ini juga untuk meningkatkan efektivitas warga dalam melakukan pengobatan di puskesmas.

Sebelum dilakukan penyuluhan, 2 informan mencoba mengaplikasikan daftar puskesmas secara online dan didokumentasikan dengan video. Setelah dilakukan penyuluhan, 2 informan tersebut mencoba kembali mengaplikasikan daftar puskesmas secara online dan didokumentasikan kembali. Hasil yang didapatkan dari penyuluhan tersebut berupa kenaikan tingkat pengetahuan dan keterampilan warga yang dilihat dari durasi video kedua informan setelah penyuluhan lebih cepat dari durasi video sebelum penyuluhan.

PBL25.jpg

Diharapkan dari bertambahnya pengetahuan dan keterampilan warga akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penyuluhan tersebut dilakukan oleh mahasiswa program studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang terdiri dari Noninda Oki, Fitriana Rizky, Hauzanda Hajid, Muhamad Rangga, Annice Luthfiya, Adinda Kania, Rizka Fitri, Cindy Aprilia, Nurul Fadilla, dan Anissa Nur Alifia.

Informasi